2016, Perusahaan E-Commerce Finansial Bidik 30 Juta Pelanggan

Galih Gumelar , CNN Indonesia | Jumat, 04/12/2015 07:46 WIB
2016, Perusahaan E-Commerce Finansial Bidik 30 Juta Pelanggan CEO cekaja.com John Patrick Ellis (kiri) (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce) yang bergerak di bidang jasa finansial, cekaja.com menargetkan 30 juta pelanggan hingga akhir 2016. Untuk itu, cekaja.com akan memperbesar proporsi produk jasa keuangan di dalam portofolio konsumen.

Selama periode Januari hingga September 2015, cekaja.com telah dikunjungi oleh 10 juta pelanggan.

Chief Executive Officer (CEO) cekaja.com John Patrick Ellis berharap bisa lebih mefasilitasi pembelian produk asuransi pada tahun depan seiring masih sedikitnya masyarakat yang belum tercover asuransi. Hingga September 2015, hanya 30 persen dari total pengguna cekaja.com yang memanfaatkan fasilitas pembelian produk asuransi.

Di Indonesia, laman tersebut dikelola oleh PT Puncak Teknologi Indonesia dan PT Puncak Finansial Utama dengan investor utama Compare88 Group Pte. Ltd, suatu perusahaan finansial asal Singapura.

"Kami harap bisa lebih memperbanyak proporsi produk asuransi di tahun mendatang karena kami melihat adanya peluang di situ. Kalau proporsinya bisa naik sampai 40 persen di tahun depan saja, kami sudah cukup senang," ujar Ellis di Jakarta, kemarin.

Demi melancarkan hal tersebut, Ellis mengaku sudah mempersiapkan tim khusus yang berpengalaman dalam dunia asuransi serta teknologi untuk bisa menambah pengguna yang mau menggunakan fasilitas asuransi. Sayangnya, Ellis enggan menjabarkan lebih jauh terkait sistem tim khusus tersebut.

"Tim khusus ini ada tips and trik-nya sendiri, jadi kami berharap apa yang direncanakan bisa berjalan dengan baik. Selain itu, tim ini juga merumuskan tips and trik bersama mitra-mitra insurance kami," katanya.

Kendati demikian, lanjut Ellis, perusahaan tak berencana untuk menambah mitra asuransi serta jenis produk asuransi baru pada tahun depan. Penambahan proporsi itu, lanjutnya, akan didapat dengan menawarkan jasa-jasa asuransi yang diklaim berkualitas namun dengan harga penawaran yang menarik.

"Dalam menjaring tambahan pelanggan, kami tak sekadar mengandalkan kuantitas tapi kami mengedepankan kualitas produk-produk asuransi yang dijual. Adanya hal ini, ditambah dengan proyeksi pengunjung situs kami kedepannya, nanti akan membuat penambahan proporsi ini berjalan dengan sendirinya," ujar Ellis.

Bidik 30 Juta Pelanggan

Ia menargetkan 30 juta pelanggan berkunjung ke cekaja.com hingga akhir 2016. Kendati target meningkat tiga kali lipat dalam setahun, namun manajemen yakin bisa mencapai angka tersebut.

"Saat ini pertumbuhan pengunjung situs cekaja.com meningkat antara 50 hingga 70 persen per bulannya, jadi kami sangat yakin dengan target tersebut. Target itu pun juga sudah kami bicarakan dengan mitra-mitra kami dan mereka juga sangat optimis dengan hal itu," ujarnya.

Saat ini, cekaja.com tengah mefasilitasi pembelian produk jasa asuransi dari mulai asuransi kendaraan, properti, perjalanan, kecelakaan diri, hingga travel dengan bermitrakan belasan jasa asuransi diantaranya Allianz, AXA, AIG, Cigna, Harta General Insurance, serta ACE Jaya Proteksi.

Menurut data perusahaan, saat ini 84 persen pengguna cekaja.com berada di usia produktif. Di samping itu, sebanyak 48 persen pengguna cekaja.com memiliki pendapatan di angka Rp 3 juta hingga Rp 10 juta.