Surabaya Harapan Terakhir Gaikindo Optimalkan Penjualan Mobil

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2015 11:23 WIB
Surabaya Harapan Terakhir Gaikindo Optimalkan Penjualan Mobil Foto: (Dok. Gaikindo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menjadikan Surabaya sebagai kota terakhir penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) setelah sukses menggelar dua pameran pendahulu di Tangerang Selatan dan Makassar pada Agustus dan November lalu.

GIIAS Surabaya Auto Show 2015 yang berlangsung di Grand City Convention and Exhibition 9-13 Desember mendatang menjadi tumpuan terakhir industri otomotif nasional dalam mencapai target penjualan 950 ribu hingga 1 juta unit tahun ini.

“Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendukung pameran ini. Gaikindo selalu memperoleh informasi dari Dinas Pendapatan Daerah Jawa Timur terkait perkembangan kendaraan bermotor di provinsi ini,” kata Sekretaris Umum Gaikindo Nugardjito dikutip dari laman Gaikindo, Kamis (10/12).


Nugardjito menjelaskan, keputusan Gaikindo untuk memperbanyak pameran otomotif mulai tahun ini merupakan upaya untuk menggenjot penjualan otomotif yang lesu akibat rendahnya daya beli masyarakat.

GIIAS perdana digelar Gaikindo di BSD City, Tangerang Selatan pada Agustus lalu menyusul GIIAS Makassar pada November 2015.

“Beberapa putaran GIIAS yang kami selenggarakan ini bertujuan untuk mendorong perluasan titik-titik pameran di sejumlah daerah sesuai dengan perkembangan pasar kendaraan bermotor di daerah yang bersangkutan,” kata Noegardjito.

Ia mencatat untuk Jawa Timur, persentase volume penjualan otomotif pada 2014 mencapai 13,6 persen dari total penjualan mobil nasional.

Selama lima hari pameran digelar di atas lahan seluas 6 ribu meter persegi, ada sekitar 15 merek pabrikan otomotif yang berpartisipasi dalam GIIAS Surabaya. Beberapa diantaranya Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Tata Motors, Toyota dan Suzuki. (gen)