Penjualan Grup BMW Naik Mini Sepanjang Tahun Lalu

Galih Gumelar, Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Senin, 25/01/2016 14:34 WIB
Penjualan Grup BMW Naik Mini Sepanjang Tahun Lalu Aktivitas perakitan mobil BMW di pabrik Sunter, Jakarta Utara, Jumat (10/4). (CNN Indonesia/Galih Gumelar).
Jakarta, CNN Indonesia -- Grup BMW Indonesia membukukan penjualan sebanyak 3.638 unit sepanjang 2015 untuk merek BMW dan MINI. Penjualan tersebut tumbuh 5,7 persen dari angka penjualan tahun sebelumnya sebanyak 3.443 unit.

Presiden Direktur Grup BMW Indonesia Karen Lim mengatakan kalau pertumbuhan penjualan itu didorong oleh varian-varian baru BMW yang diluncurkan tahun lalu seperti All New BMW Seri 7 dan BMW Active Tourer.

“Pertumbuhan sebagian besar didorong oleh debut produk-produk baru. Komitmen kami adalah untuk tetap menjadi brand premium pilihan konsumen Indonesia," ujar Karen, Senin (25/1).


Karen merinci, penjualan total yang berhasil dibukukan perusahaannya terdiri dari 2.700 kendaraan BMW, 477 unit MINI, dan 461 unit BMW Premium Selection. Khusus merek BMW, penjualan tercatat meningkat 6 persen dibanding tahun lalu sebesar 2.547 unit.

BMW Seri 3 tetap memimpin penjualan dengan jumlah 1.217 unit terjual, atau 45 persen dari penjualan merek BMW maupun 33,45 persen dari total penjualan grup BMW. Dalam hal ini, proporsi penjualan BMW Seri 3 terbilang lebih sedikit dibanding tahun lalu di mana sebanyak 46 persen penjualan BMW atau 35,34 persen dari total penjualan grup BMW.

Sayangnya agresivitas penjualan BMW di tengah perlambatan ekonomi, tergerus oleh penurunan penjualan MINI 6,47 persen dari 510 unit pada 2014 ke angka 477 unit tahun lalu. Perusahaan mencatat MINI 3-Door sebagai penjualan tertinggi di Indonesia, diikuti oleh MINI 5-Door dan MINI Countryman. Sayangnya, Karen tidak memberikan keterangan lebih lanjut terkait penjualan MINI.

Lebih lanjut, Karen mengatakan kalau tahun ini BMW Group akan fokus menggenjot pertumbuhan penjualan dengan meluncurkan model-model baru. Bahkan, perusahaan berencana untuk meluncurkan MINI Clubman baru sebagai upaya memasuki kelas compact dan MINI Convertible baru.

“Tahun ini BMW fokus mencapai kembali pertumbuhan berkelanjutan seiring perayaan 15 tahun keberadaan kami di Indonesia. Bersama dengan model-model baru lainnya yang akan kami perkenalkan tahun ini, termasuk All-New BMW X1 dan BMW M2 perdana," jelasnya.

Penyerahan 200 Honda BR-V

Sementara, PT Honda Prospect Motor telah menyerahkan 200 unit Honda BR-V kepada para pemesan perdananya sejak tipe low Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut diperkenalkan untuk pasar Indonesia pertengahan tahun lalu.

“Honda berterima kasih kepada seluruh konsumen yang telah memesan dan bersabar menunggu kehadiran Honda BR-V hingga saat ini. Oleh karena itu hari ini kami adakan acara penyerahan perdana 200 unit Honda BR-V kepada konsumen sebagai langkah awal perjalanan Honda BR-V di Indonesia,” jelas Tomoki Uchida, Presiden Direktur HPM di Mall Gandaria City, Sabtu (23/1).

Sementara Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM memastikan saat ini Honda BR-V telah tersedia di seluruh diler HPM di Indonesia.

“Kami akan memastikan kapasitas produksi agar dapat secepatnya memenuhi permintaan pelanggan,” ujar Jonfis.

Honda BR-V pertama kali diperkenalkan di dunia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, di Tangerang, 20 Agustus 2015.

Setelah itu, Honda BR-V menjalani roadshow ke berbagai kota di Indonesia dan langsung menarik perhatian konsumen serta meraih penghargaan sebagai mobil favorit di berbagai ajang Motor Show, termasuk di Indonesia International Motor Show 2015 dan Pameran Otomotif Surabaya 2015.

“Sejak mulai dapat dipesan konsumen pada bulan Agustus 2015 hingga akhir tahun 2015, pemesanan Honda BR-V di Indonesia telah mencapai lebih dari 6.500 unit,” kata Jonfis. (gen)