Eksekusi Proyek Strategis, Pelindo II Gandeng 8 BUMN

Diemas Kresna Duta | CNN Indonesia
Rabu, 02 Mar 2016 01:23 WIB
Selain sektor pelabuhan, rencana kerjasama ini juga akan menyisir sektor industri, logistik, infrastruktur dan ketenagalistrikan. Suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu, 21 Fbruari 2015. PT Pelindo II akan merevitasilasi Pelabuhan Tanjung Priok dengan optimalisasi penataan lahan existing dan pergudangan, pemangkasan dwelling time (waktu bongkar muat), Elektronisasi dan otomasi (TPS Online, Gate Otomation), serta percepatan pembangunan akses tol pelabuhan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) melansir telah menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dan perjanjian induk dengan delapan badan usaha milik negara (BUMN) terkait upaya integrasi logistik maritim guna mengakselerasikan konektivitas nasional.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pelindo II Dede R Martin berharap, ditekennya nota kesepahaman dan perjanjian induk ini akan memperpecapat implementasi 10 dari 225 proyek strategis nasional sesuai Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

"Indonesia tidak hanya perlu membangun fasilitas pelabuhan yang baik. Melainkan untuk mendukung program tol laut mutlak perlu dibangun integrasi logistik maritim," ujar Dede di kantor Kementerian BUMN, Selasa (1/3).

Selain sektor pelabuhan, Dede bilang, rencana kerjasama ini juga akan menyisir sektor industri, logistik, infrastruktur dan ketenagalistrikan.

Di mana MoU dan perjanjian induk yang dibuat meliputi:

1. Perjanjian Induk antara Pelindo II dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I terkait rencana pengembangan pelabuhan pelabuhan di Indonesia bagian barat.

2. Nota Kesepahaman antara Pelindo II dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV mengenai rencana pengembangan pelabuhan pelabuhan di Indonesia bagian timur.

3. Nota Kesepahaman antara Pelindo II dengan PT Waskita Karya Tbk menyoal pembangunan dan pengoperasian dan sinergitas ruas tol jalan Cimanggis-Cibitung dengan ruas Jalan tol Cibitung-Cilincing.

4. Nota Kesepahaman antara Pelindo II dengan PT Krakatau Steel (KS) Tbk terkait rencana kerjasama prmanfaatan lahan dan pengoperasian pelabuhan Krakatau Bandar Samudera.

5. Nota Kesepahaman antara Pelindo II dengan PT Aneka Tambang Tbk dan PT Inalum (Persero) mengenai rencana penggunaan pelabuhan kijing guna mendukung smelter grade alumina (SGA) di Kalimantan Barat.

6. Nota Kesepahaman antara Pelindo II denfan PT PLN (Persero) terkait penyiapan rencana kerjasama bidang kepelabuhan dan ketenagalistrikan.

7. Nota Kesepahaman antara Pelindo II dengan PT Semen Padang menyoal rencana kerjasama pembangunan dan pengoperasian dermaga dan fasilitas pengantongan semen dan lainnya di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

"Tindak lanjutnua adalah rencana aksi oleh tim bersama sesuai jadwal yang disepakati untuk implementasi," cetus Dede. (dim/dim)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER