Tiket Kereta Mudik Lebaran Ludes Terjual

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Selasa, 12/04/2016 12:23 WIB
Ludesnya tiket untuk musim Lebaran 2016 karena PT Kereta Api Indonesia telah melayani penjualan tiket secara online sejak akhir Maret 2016. Ludesnya tiket untuk musim Lebaran 2016 karena PT Kereta Api Indonesia telah melayani penjualan tiket secara online sejak akhir Maret 2016. (ANTARA FOTO/Reno Asnir).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil menjual habis tiket keberangkatan ke semua daerah tujuan mudik untuk musim Lebaran 2016 nanti.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto mengatakan penjualan tiket kereta api kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif dari Jakarta dan Bandung menuju sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur telah mencapai 100 persen.

“Tiket untuk keberangkatan H-1 dan H1 sudah habis. Seperti tahun sebelumnya, daerah tujuan mudik antara lain Madiun, Surabaya, Yogyakarta, Solo dan kota-kota lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah,” ujar Supriyanto dikutip dari Kantor Berita Antara, Selasa (12/4).


Ia berpendapat, telah ludesnya tiket untuk musim Lebaran 2016 karena PT KAI telah melayani penjualan tiket secara online sejak akhir Maret 2016. PT KAI menurutnya masih menunggu instruksi dari pemerintah selaku pemegang saham untuk menambah kereta angkutan Lebaran, sehingga sampai saat ini belum dilakukan penjualan tiket kereta tambahan.

“Biasanya penjualan tiket kereta tambahan dimulai H-60 atau Mei mendatang,” jelasnya.

Tiket Arus Balik

Supriyanto mengingatkan agar para penumpang yang telah mendapatkan tiket kereta mudik untuk tidak melupakan membeli tiket kereta balik. Ia menyebut saat ini tiket balik dari stasiun Madiun menuju Jakarta, Bandung dan sekitarnya masih tersisa cukup banyak.

DAOP 7 sendiri telah melakukan persiapan dalam menyambut angkutan Lebaran. Di antaranya dengan menyediakan ruang tunggu calon penumpang sebelum "boarding pass" yang lebih luas. Sehingga lebih nyaman dan dapat menampung calon penumpang dan keluarga pengantar lebih banyak. (gen)