Rombak Kabinet, Raja Salman Pecat Menteri Minyak Arab Saudi

bgs, CNN Indonesia | Minggu, 08/05/2016 00:01 WIB
Rombak Kabinet, Raja Salman Pecat Menteri Minyak Arab Saudi Raja Arab Saudi Salman menggantikan menteri minyak veteran Ali Al-Naimi yang digantikan Khalid Al-Falih dalam perombakan kabinet secara besar-besaran di posisi pejabat senior. (REUTERS/Heinz-Peter Bader).
Jakarta, CNN Indonesia -- Raja Arab Saudi Salman menggantikan menteri minyak veteran Ali Al-Naimi yang digantikan Khalid Al-Falih dalam perombakan kabinet secara besar-besaran di posisi pejabat senior, sepekan usai mengumumkan reformasi ekonomi besar di negara tersebut.

Al-Falih yang didepak dari posisi terdahulu sebagai menteri kesehatan akan mengepalai pos baru di Kementerian Energi, Industri, dan Kesejahteraan Mineral, seperti dikutip kantor berita resmi pemerintah Saudi Press Agency yang mengutip dekrit kerajaan. Al Naimi sendiri ditunjuk sebagai penasihat di pengadilan kerajaan dengan jabatan setingkat menteri.

Al-Naimi, 80, menjabat sebagai menteri minyak sejak 1995 dan menjadi salah satu menteri paling berpengaruh di Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC). Naimi didepak setelah Pangeran Mohammed bin Salman mengumumkan perombakan kebijakan ekonomi terbesar sejak dibentuknya Saudi Arab Saudi pada 1932 untuk mengurangi ketergantungan negara kerajaan terhadap minyak, dengan rencana menjual saham di perushaan minyak Saudi Aramco.

Salman juga mengumumkan menteri baru yang bertugas di bidang air, transportasi, urusan sosial, kesehatan dan haji dan merestrukturisasi beberapa kementerian di posisi yang telah dijanjikan bakal diubah sebelumnya.


Perubahan signifikan dalam hal ini adalah dibentuknya kementerian energi baru, Kementerian Industri dan Sumber Daya Alam yang dipimpin Khaled al-Falih. Falih digeser dari jabatan sebelumnya sebagai Menteri Kesehatan untuk menggantikan al-Naimi, yang telah menjalankan kebijakan energi di negara pengekspor minyak terbesar tersebut sejak 1995.

Kementerian Air dan Kelistrikan dilebur ke dalam Kementerian Air dan Pertanian, dan Kelistrikan dijadikan kementerian baru.

Perubahan besar juga dilakukan di dalam kepemimpinan ekonomi kerajaan, Majed al-Qasbi ditunjuk mengepalai Kementerian Perdagangan dan Investasi dan Ahmed al-Kholifey sebagai Gubernur Badan Moneter Arab Saudi.

Tawfiq al-Rabeeah, mantan menteri perdagangan mengisi posisi baru sebagai Menteri Kesehatan, Suleiman al-Hamdan ditunjuk sebagai Menteri Transportasi dan Menteri Haji diubah menjadi Kementerian Haji Kementerian Haji dan Umrah.

Sesuai pernyataan Dekrit Kerajaan, kementerian tenaga kerja dan urusan sosial dilebur menjadi sebuah departemen baru menjadi Komisi rekreasi dan Budaya. (bag)


ARTIKEL TERKAIT