16 Juni, Tenggat Waktu Pengerjaan Terminal 3 Ultimate

Yuliyanna Fauzi, CNN Indonesia | Selasa, 14/06/2016 10:05 WIB
Otoritas terkait telah meninjau tiga komponen penting, yakni keselamatan, keamanan, dan pelayanan. Ini menjadi komponen dasar operasional bandar udara. PT Angkasa Pura (AP) II hari ini menggelar simulasi operasional untuk Terminal 3 Ultimate Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta, Tanggerang. Proses ini dilakukan sebelum Terminal 3 Ultimate dioperasikan secara perdana pada 20 Juni 2016 mendatang,Tanggerang, Minggu (12/6). (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Bandar Udara Direkorat Jenderal Perhubungan Kementerian Perhubungan Yudhi Sari Sitompul memberi batas waktu hingga 16 Juni 2016 kepada PT Angkasa Pura II (Persero) untuk penyelesaian pekerjaan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta.

"Seperti rencana PT Angkasa Pura II, terminal ini akan mulai beroperasi pada 20 Juni 2016. Makanya, kami memberikan batas waktu kepada PT Angkasa Pura II, yaitu tanggal 16 Juni," terang Yudhi Sari di Terminal 3 Ultimate, Tangerang, Senin (13/6).

Yudhi Sari mengungkapkan, otoritas terkait telah meninjau tiga komponen penting, yakni dari sisi safety (keselamatan), security (keamanan), dan services (pelayanan) yang menjadi komponen dasar operasional bandar udara.


"Kami sudah tinjau ketiganya dan kami minta agar tanggal 16 Juni 2016 ini sudah tidak ada hal-hal yang kurang, terlebih yang bersifat wajib dipenuhi sesuai dengan ketentuan operasional bandar udara. Karena, kalau belum bisa dipenuhi hingga 16 Juni mendatang, kami mohon maaf, izin operasi akan kami undur," tegas Yudhi Sari.

Dari sisi safety dan services, Yudha Sari mengatakan, saat ini kedua komponen tersebut terkendala masalah pemasangan sejumlah alat-alat kelengkapan bandara, seperti ekskalator, papan informasi sampai uji genset yang belum dilaksanakan.

"Sedangkan dari sisi security, sekitar 80 persen sudah terpenuhi. Tinggal tersisa hal-hal yang sedikit dipoles saja," tutur Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub Nasir Usman pada kesempatan yang sama.

Hingga saat ini, Kemenhub belum mengeluarkan hasil commissioning final soal kesiapan Terminal 3 Ultimate. Apabila commissioning final ini telah keluar, proses selanjutnya, yakni tahap penerbitan sertifikat bandara udara untuk kemudian dinyatakan siap beroperasi.

Adapun, untuk jalur transportasi menuju Terminal 3 Ultimate, Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi bilang, manajemen telah menyiapkan jalur baru.

"Kami siapkan jalur baru, masih dipersiapkan di mana nantinya ada jalur khusus dari arah Tangerang. Tetapi lebih jelasnya dibahas setelah commissioning sudah final," imbuh Budi.

Menurut Yudhi Sari, saat ini merupakan saat yang tepat untuk mempromosikan Terminal 3 Ultimate, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Saat beroperasi nanti, Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta akan dibuka untuk rute domestik yang dilanjutkan dengan pembukaan rute internasional mulai Maret 2017 nanti.

Sebagai informasi, dalam pengerjaannya, Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta menelan pembiayaan hingga Rp7 triliun guna melayani kebutuhan 12 juta penumpang per tahun. (bir/bir)