Luhut Minta Dua Pekan Beradaptasi jadi Menko Maritim

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Kamis, 28/07/2016 18:48 WIB
Hal yang ingin diciptakannya mantan Menko Polhukham tersebut adalah hubungan yang harmonis dengan para menteri di bawahnya. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyeka mata saat mendengarkan pidato Rizal Ramli dihadapan pejabat dan karyawan saat acara Serah Terima Jabatan di Kantor Kementerian Maritim, Jakarta, Kamis, 28 Juli 2016. Dalam reshuffle Kabinet Kerja Jilid II pada Rabu (27/7/2016), dia kembali diangkat menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli yang dicopot Presiden Jokowi. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Luhut Binsar Panjaitan meminta waktu selama dua pekan ke depan untuk beradaptasi dengan jabatan barunya sebagai Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Mineral usai terpilih menggantikan Rizal Ramli dalam perombakan kabinet (resfhuffle) pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Kasih waktu saya lah dua minggu untuk mempelajari semua," pinta Luhut dalam acara serah terima jabatan di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Kamis (28/7).

Salah satu hal yang ingin diciptakannya mantan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM tersebut adalah hubungan yang harmonis antara dirinya selaku koordinator dengan para menteri di bawahnya.


"Saya kira, harmonisnya hubungan ya memang perlu. Jadi, akan harmonis lah. Kami kan baru, jadi kami akan mulai dari nol lagi lah," ujarnya.

Menurut Luhut, sektor-sektor di bawah koordinasinya saling terkait satu sama lain. Oleh karenanya, diperlukan harmonisasi kebijakan antar sektor.

"Ya, kami mau harmonisasi semua semoga bagus. Ada dengan listrik, ada dengan ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), ada pariwisata, ada perhubungan. Kami bikin semua semakin solid karena satu sama lain kan kaitannya banyak. Kalau bicara pariwisata, bicara juga soal perhubungan, lingkungan," terang dia.

Selain itu, Luhut juga menginginkan pengambilan keputusan dilakukan secara cepat dan tepat. Kemudian, ia juga menekankan pentingnya kerjasama tim (teamwork).

"Saya tidak percaya dengan individu, saya melihat teamwork yang bisa menyelematkan saya. Hari ini saya berdiri juga merupakan satu teamwork yang kuat," imbuh dia.

Secara terpisah, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku, senang mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan Luhut dan Rizal Ramli.

"Orang-orang pintar, pak Rizal pintar, pak Luhut pintar, saya sangat senang dapat kesempatan bekerja sama dengan orang-orang hebat," tutur Susi memuji.

Susi menyatakan, siap bekerja di bawah koordinasi Luhut. Apalagi, kerja sama dengan Luhut sudah terjalin sejak Luhut masih menjabat sebagai Menko Polhukam. "Semua yang sudah dikerjakan kami teruskan saja," pungkasnya. (bir/gen)