Sri Mulyani Jagokan Jim Young Kim Jadi Presiden Bank Dunia

Safyra Primadhita, CNN Indonesia | Senin, 29/08/2016 15:56 WIB
Sri Mulyani Jagokan Jim Young Kim Jadi Presiden Bank Dunia Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjagokan Jim Young Kim untuk kembali menjadi Presiden Bank Dunia untuk periode lima tahun kedua, 2017-2022. (Dok. Bank Dunia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Indonesia menjagokan Jim Young Kim untuk kembali menjadi Presiden Bank Dunia untuk periode lima tahun kedua, 2017-2022. Hal itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan resmi kepada media, Senin (29/8)

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menilai, di bawah kepemimpinan Kim,  Bank Dunia mampu menjawab tantangan pembangunan ekonomi di negara-negara anggota.

Selain itu, Kim juga mampu membawa Bank Dunia menjadi lebih dekat kepada negara berkembang, termasuk Indonesia, dengan mendorong program-program yang mencerminkan kepentingan negara berkembang seperti di bidang pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, kesejahteraan sosial dan kesetaraan gender.


"Saya memberikan penghargaan atas upaya dan usaha Bank Dunia untuk membantu negara anggota mencapai tujuan pembangunannya. Misi Bank Dunia untuk memerangi kemiskinan dan mendukung kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan sangat kritikal dalam mendukung pembangunan global, dan upaya ini mendapatkan dukungan penuh dari 189 negara anggotanya, " tutur Sri Mulyani.

Pemerintah, kata Sri Mulyani, menganggap Kim sebagai sosok yang bisa menjalin komunikasi dan kerjasama lebih erat dengan bank-bank pembangunan regional.  Selama di Bank Dunia,  Kim juga telah melakukan reformasi organisasi dan tata kelola Bank Dunia agar lebih mampu menjawab tantangan pembangunan ekonomi global.

Dia berharap Kim mampu membawa Bank Dunia menjadi sebuah lembaga yang lebih baik dan lebih kuat dalam menyediakan pembiayaan pembangunan, sekaligus mampu mempromosikan pengetahuan dan kerjasama yang lebih erat dengan seluruh negara berkembang. (ags/ags)