Danamon Rangkul Investree Ketimbang Bangun Fintech Sendiri

Yuliyanna Fauzi, CNN Indonesia | Selasa, 30/08/2016 10:40 WIB
Danamon Rangkul Investree Ketimbang Bangun Fintech Sendiri Bank Danamon bakal menyediakan kredit yang permohonannya diajukan nasabah melalui laman Investree. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dan PT Investree Radhika Jaya meresmikan kerja sama sistem cash management.

Kerja sama ini berupa fasilitas automatic payment dan automatic posting atau yang dikenal dengan host-to-host service.

"Kerja sama ini menjadi bukti komitmen Danamon dalam memberi layanan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah kami, dalam hal ini Investree. Layanan host-to-host bagi Investree menampilkan kemajuan teknologi yang diterapkan Danamon," kata Chief Information Officer Bank Danamon Mary James di perhelatan Indonesia Fintech Festival and Conference di ICE BSD, kemarin.


Menurut Mary, kerja sama ini akan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan layanan keuangan kedua pihak.

Di lain sisi, kerja sama juga sejalan dengan program inklusi keuangan, seperti yang tengah didorong oleh pemerintah.

Bahkan untuk ke depannya, menurut Mary, Danamon akan membuka kerja sama dengan perusahaan layanan keuangan berbasis teknologi digital (financial technology/fintech) lainnya.

Adrian A. Gunadi, Co-Founder sekaligus Chairman Investree mengungkapkan, kerja sama ini membuat Danamon dapat memberi manfaat kepada pemberi pinjaman dan pihak peminjam dalam transaksi melalui platform peer to peer market place yang dihadirkan oleh Investree.

Kerja sama antara bank dengan Fintech ini dilakukan melalui sistem host-to-host secara real time. Dengan demikian, proses pemberian pinjaman akan semakin cepat melalui sistem yang telah diverifikasi, di analisa, dan konfirmasi data yang dilakukan Investree.

"Seperti halnya bank, kami mengedepankan verifikasi data sesuai dengan operasional kami yang juga menggunakan manajemen risiko. Untuk itu, kami senang dapat bekerja sama dengan Danamon, yang juga menerapkan kehati-hatian dan transparansi," ungkap Adrian. (gen)


ARTIKEL TERKAIT