Tambang Ilegal di Venezuela, Surga Emas Kelompok Mafia

AFP PHOTO/Juan Barreto, CNN Indonesia | Kamis, 23/03/2017 12:01 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Negara bagian Bolivar di Venezuela merupakan salah satu daerah dengan kandungan emas tertinggi di dunia. Daerah yang dikuasai oleh beberapa kelompok mafia.

Tiga orang pria bekerja di bagian hulu tambang ilegal Nacupay di Bolivar. Setidaknya ada 10 ribu orang Venezuela yang menggantungkan nafkah dari tambang ilegal. (AFP PHOTO/JUAN BARRETO).
Lonjakan harga emas dan krisis ekonomi Venezuela, membuat kaum pria di negara tersebut nekat mengadu nyawa dengan menjadi petambang emas ilegal. (AFP PHOTO/JUAN BARRETO).
Tidak hanya tambang permukaan, pemilik tambang emas ilegal di Venezuela juga memaksa pekerjanya untuk berburu emas di dalam perut bumi. (AFP PHOTO/JUAN BARRETO).
Pekerja tambang bawah tanah La Culebra tampak menuruni lubang berbahaya dengan peralatan seadanya demi mencari emas. (AFP PHOTO/JUAN BARRETO).
Pekerja bernama Ender Moreno telah sampai ke dasar tambang bawah tanah La Culebra untuk kembali bekerja menggali emas. (AFP PHOTO/JUAN BARRETO)
Mencari emas di dalam perut bumi, tidak sesulit mencari emas di permukaan. Dengan bantuan sorotan lampu senter di kepala, pekerja ini bisa melihat kilauan emas mentah. (AFP PHOTO/JUAN BARRETO)
Emas beserta tanah galian diangkat ke permukaan dengan alat sederhana. (AFP PHOTO/JUAN BARRETO)
Proses pengolahan emas dilanjutkan dengan menggunakan mesin penghancur batu, demi mendapatkan bongkahan yang lebih berharga di dalamnya. (AFP PHOTO/JUAN BARRETO).
Pekerja memanaskan bongkahan emas dengan bantuan merkuri di tambang El Callao, Bolivar, Venezuela. (AFP PHOTO/JUAN BARRETO).
Di Venezuela, banyak toko emas yang tidak takut membeli emas hasil produksi tambang ilegal. (AFP PHOTO/JUAN BARRETO).