Halau Macet, Aktivitas Proyek di Tol Disetop Jelang Lebaran

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Senin, 29/05/2017 18:25 WIB
Halau Macet, Aktivitas Proyek di Tol Disetop Jelang Lebaran Proyek-proyek yang ada di sekitar ruas tol tersebut adalah proyek kereta ringan atau light rail transit Jabodebek dan tol Jakarta-Cikampek Elevated. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) memastikan bakal menghentikan sementara seluruh aktivitas proyek yang berada di sekitar Tol Jakarta-Cikampek sepuluh hari sebelum lebaran mendatang.

Proyek-proyek yang ada di sekitar ruas tol tersebut adalah proyek kereta ringan atau light rail transit Jabodebek dan tol Jakarta-Cikampek Elevated. Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan keputusan tersebut guna meminimalisir kemacetan yang tiap tahun terjadi menjelang Idul Fitri.

Sebelumnya Jasa Marga mendeteksi terdapat tiga ruas tol yang termasuk jalur kritis saat mudik lebaran. Menurut Desi, ketiga ruas tol itu adalah Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), dan Tol Jakarta-Tangerang.


Namun menurut Desi, titik terawan saat arus mudik nanti sebenarnya adalah di Gerbang Tol Cikunir, gerbang tol yang menghubungkan Tol Lingkar Luar Jakarta dengan Tol Jakarta-Cikampek.

"Karena ada proyek LRT Jabodebek, Tol Jakarta-Cikampek Elevated, dan high speed train (kereta cepat)," ujar Desi di Kementerian BUMN, Senin (29/5).

Menurut Desi, upaya-upaya penguraian kemacetan di tiga ruas tol tersebut sudah dibahas bersama Kementerian Perhubungan dan Polri.

"Terutama Jakarta-Cikampek. Tahun lalu saja sudah padat sebelum dirusuhi LRT Jabodebek. Sekarang dirusuhi lagi dengan Jakarta-Cikampek Elevated," jelasnya.

Di samping itu, Jasa Marga juga memberikan potongan harga khusus sebesar 20 persen kepada pengguna e-toll selama periode arus mudik dan arus mudik Lebaran tahun ini. Diskon 20 persen ini hanya berlaku bagi pengguna uang elektronik seperti e-Money (Bank Mandiri), Brizzi (BRI), TapCash (BNI), Blink (BTN) dan Flazz (BCA).

Diskon tarif tol untuk pengguna uang elektronik akan berlaku pada arus mudik Lebaran 2017 pada H-3 sampai dengan hari H, serta arus Balik Lebaran 2017 mulai H 4 sampai dengan H 6.

"Untuk meningkatkan penetrasi e-toll, kami keluarkan diskon tersebut. Di mana saja di ruas Jasa Marga, didiskon 20 persen," ujar Desi.