Melihat Penyediaan Listrik di Kupang yang Sering Padam

ANTARA FOTO, CNN Indonesia | Kamis, 27/07/2017 01:59 WIB

Kupang, CNN Indonesia -- Kota kupang menjadi salah satu wilayah yang sering mengalami pemadaman listrik dengan rata-rata waktu pemadaman mencapai 13 jam per bulan.

Ribka Tosi (kiri) mendampingi anaknya belajar mengunakan komputer jinjing di rumahnya di Desa Lifuleo, Kupang, NTT, Kamis (20/7). Penyediaan listrik andal dan berkualitas masih menjadi persoalan di Indonesia. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Kapal pembangkit listrik terapung Karadeniz Powership Gokhan Bey beroperasi di perairan Bolok, Kupang, NTT, Kamis (20/7). Kapal asal Turki berkapasitas 110 MW tersebut memberikan pasokan listrik ke kota Kupang dan tiga kabupaten lainnya di daratan Timor yakni Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara dan Belu. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Menurut data IESR melalui project Electricity Supply Monitoring Initiative (ESMI) di Kupang, rata-rata pemadaman listrik sangat tinggi, yaitu mencapai 13 jam 9 menit per bulan. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Aktivitas di kapal pembangkit listrik Karadeniz Powership Gokhan Bey di perairan Bolok, Kupang, NTT, Kamis (20/7). Dibandingkan dengan Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) yang ditetapkan PLN pada 2017, pemadaman di Kupang sudah lebih besar dari TMP. TMP Rayon Kupang sebesar 10 jam/bulan atau lebih lama 3 jam per bulan. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Pekerja memantau operasi kapal pembangkit listrik terapung Karadeniz Powership Gokhan Bey dari ruang kontrol di perairan Bolok, Kupang, NTT, Kamis (20/7). Terkait seringnya pemadaman listrik di daerah seperti Kupang, Kepala Divisi Niaga PLN, Benny Marbun, menyatakan pihaknya terus berupaya melakukan perbaikan. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Petugas PLN berjalan di area Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kupang di Desa Oelpuah, Kabupaten Kupang, NTT, Kamis (20/7). Untuk kecukupan pasokan listrik di seluruh Indonesia PLN memiliki program 35.000 MW. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Dengan adanya program 35.000 MW dan upaya-upaya lainnya, PLN mengklaim, sekarang sudah hampir tidak ada lagi daerah di Indonesia yang kekurangan pasokan listrik. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Aktivitas di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kupang di Desa Oelpuah, Kabupaten Kupang, NTT, Kamis (20/7). PLTS Kupang yang berkapasitas 5 MWp tersebut merupakan pembangkit tenaga listrik terbesar di Indonesia yang beroperasi sejak 27 Desember 2015 dan memberikan pasokan listrik ke wilayah Kupang. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Menurut PLN, pemadaman terjadi karena gangguan pada jaringan, pemeliharaan pembangkit listrik, dan sebagainya. Untuk daerah seperti Kupang yang jaringannya hanya 1 jalur misalnya, listrik akan langsung padam begitu ada pohon tumbang hingga mengganggu jaringan distribusi listrik. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Petugas PLN memeriksa aliran listrik melalui alat meter listrik di Desa Lifuleo, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (20/7) malam. PT PLN (Persero) menargetkan 500 desa di wilayah NTT dapat teraliri listrik dari jaringannya hingga akhir tahun 2017 guna mewujudkan 100 persen desa berlistrik di NTT. (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)