Market Review

Investor Saham Menakar RAPBN 2018 Rezim Jokowi

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 21/08/2017 07:11 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak terbatas atau stagnan sepanjang pekan ini karena pelaku pasar masih menakar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018.

Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan mencapai 5,4 persen, naik dari target tahun ini sebesar 5,2 persen.

Dalam Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja (RAPBN) 2018 disebutkan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis peningkatan pertumbuhan ekonomi tersebut terutama akan didorong oleh peningkatan kinerja investasi dan ekspor.

Kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) yang telah bergulir tahun 2016-2017 diharapkan dapat memberikan dorongan peningkatan pada sisi investasi di sektor riil, sementara di sisi lain pemerintah akan mendorong investasi di bidang infrastruktur dan memperbaiki kualitas daya saing

"Kinerja ekspor terutama komoditi nonmigas diharapkan tumbuh lebih baik seiring membaiknya permintaan negara-negara mitra dagang utama," bunyi Nota Keuangan RAPBN 2018 yang dikutip, Rabu (16/8).