Hari Ini, Telkom Sudah Pulihkan 7.658 Jaringan ATM

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Selasa, 05/09/2017 19:57 WIB
Artinya, 66 persen layanan ATM perbankan yang tadinya terganggu kerusakan satelit Telkom 1 telah berfungsi normal kembali. Artinya, 66 persen layanan ATM perbankan yang tadinya terganggu kerusakan satelit Telkom 1 telah berfungsi normal kembali. (REUTERS/Beawiharta).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom telah memulihkan koneksi sebanyak 7.658 unit Anjungan Tunai Mandiri (ATM) per hari ini, Selasa (5/9). Sebelumnya, koneksi 11.574 site Very Small Aperture Terminal (VSAT) ATM perbankan terputus pasca gangguan pada satelit Telkom 1.

Artinya, 66 persen layanan ATM perbankan yang tadinya terganggu telah berfungsi normal kembali. Dikutip dari keterangan resmi perseroan, realisasi pemulihan site pelanggan hingga Selasa (5/9) pukul 10.00 WIB telah mencapai 10.654 site atau 71 persen dari total 15.000 site.

Untuk mempercepat proses perbaikan, jajaran manajemen secara intensif melakukan pemantauan langsung terhadap pelaksanaan repointing antena selama 24 jam x 7 hari.


Seperti diberitakan sebelumnya, sejak pekan lalu, perseroan berupaya mempercepat proses migrasi pelanggan dari satelit Telkom 1 ke satelit Telkom 2, Telkom 3S, APSTAR9, dan ChinaSat 10. Hal dilakukan dengan mengerahkan seribu orang teknisi.

Dengan stabilnya progres realisasi recovery yang berkecepatan mencapai 1.200 site per hari, perseroan berharap dapat menyelesaikan pemulihan 15.000 site layanan pelanggan hingga maksimal 10 September 2017.

Sebagai bagian dari pemantauan upaya pemulihan, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara melakukan kunjungan ke Crisis Center TelkomGroup di Graha Merah Putih, Jakarta.

Dalam kunjungannya, Rudiantara berkesempatan untuk memonitor progres pemulihan layanan dari masing-masing daerah melalui video conference dengan crisis center di beberapa lokasi di antaranya Stasiun Pengendali Utama (SPU) Satelit Cibinong, Ground Station Master Control di Bogor dan 7 Kantor Telkom Regional.

“Saya berterima kasih kepada seluruh jajaran manajemen dan personil TelkomGroup yang selama 10 hari ini telah berhasil memulihkan 10.000 site. Diharapkan, 5.000 site lainnya dapat selesai dalam lima hari ke depan. Saya percaya bahwa Telkom mampu menyelesaikan proses repointing sesuai jadwal,” pungkas Rudiantara.