Buka Seleksi CPNS Pertama Kali, Bekraf Incar 93 Pegawai Baru

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Senin, 11/09/2017 14:48 WIB
Buka Seleksi CPNS Pertama Kali, Bekraf Incar 93 Pegawai Baru Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bakal menjaring 93 pelamar terbaik untuk mengisi 35 jabatan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017. (CNN Indonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bakal menjaring 93 pelamar terbaik untuk mengisi 35 jabatan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017.

Kepala Bekraf Triawan Munaf menyatakan seluruh kandidat yang terpilih bakal menjadi sumber daya manusia yang penting dalam membangun ekonomi kreatif untuk menjadi kekuatan baru ekonomi Indonesia.

"Kami sangat membutuhkan bukan hanya dari kualitas tetapi kuantitas. Semakin lama kegiatan kami semakin sibuk dan semakin dibutuhkan tenaga-tenaga yang berkualitas," tuturnya dalam konferensi pers di kantor Bekraf, Senin (11/9).



Triawan mengungkapkan, Bekraf memiliki sasaran strategis di mana pada 2019 Produk Domestik Bruto (PDB) dari ekonomi kreatif ditargetkan tumbuh 6,75 persen. Kemudian, jumlah tenaga kerja yang bekerja di sektor ekonomi kreatif bisa mencapai 17 juta orang dan nilai ekspor bruto produk kreatif Indonesia mencapai US$21,5 miliar.

Bekraf juga memiliki misi untuk membangun ekosistem yang mamlu mendorong pertumbuhan usaha baru ekonomi kreatif, peningkatan nilai tambah produk ekonomi kreatif dalam perekonomian domestik dan menghasilkan produk unggulan ekonomi kreatif yang terkenal dan digemari di pasar global.

Saat ini, terdapat 477 aparat yang bekerja di Bekraf terdiri dari 107 aparatur negara, 335 pegawai tidak tetap, dan 35 pramubakti.

Triawan memperkirakan kebanyakan pelamar merupakan generasi milenial karena relatif peka terhadap perkembangan ekonomi kreatif yang relatif baru.

Sekretaris Utama Bekraf Mesdin Kornelis Simarmata mengungkapkan dengan dibukanya CPNS Bekraf untuk pertama kali menunjukkan keseriusan pemerintah untuk membangun ekonomi kreatif.

Sebenarnya, lanjut Mesdin, Bekraf mendapatkan jatah pegawai baru sebanyak 100 orang. Namun, tujuh orang sisanya akan dipenuhi oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) karena terkait masalah keuangan.

Mesdin mengingatkan salah satu kriteria yang penting sebagai pegawai Bekraf adalah hasrat (passion) untuk bekerja di bidang ekonomi kreatif.

"Yang paling penting adalah passion untuk bekerja. Jangan bekerja tanpa passion karena akan merugikan diri pelamar dan lembaga tempat bekerja," ujarnya.

Nantinya, pelamar yang lolos seleksi akan ditempatkan pada deputi teknis sebagai pelaksana kegiatan untuk melayani pelaku ekonomi kreatif.

Proses seleksi terdiri dari empat kriteria formasi yaitu cumlaude, disabilitas, Provinsi Papua dan Papua Barat, dan umum. Tahapannya mencakup seleksi administrasi, kompetensi dasar (CAT), dokumen fisik lamaran, dan kompetensi bidang (tes psikotest dan tes kesehatan).

Pendaftaran dan seluruh proses seleksi CPNS bebas biaya dan akan dilaksanakan secara transparan, bersih, objektif, serta bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

Informasi lengkap mengenai formasi, persyaratan dan tatacara pendaftaran dapat dilihat pada https://www.bekraf.go.id/berita/page/17/pengumuman-penerimaan-cpns-bekraf.


Bekraf merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif yang meliputi bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukkan, seni rupa, dan televisi dan radio.

Lembaga ini secara resmi dibentuk pada tanggal 20 Januari 2015 berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 6 Tahun 2015 sebagaimana diubah dengan Perpres Nomor 72 tahun 2015.