FOTO: Melaju dengan Skytrain di Bandara Soetta

CNN Indonesia/ Hesti Rika, CNN Indonesia | Minggu, 24/09/2017 16:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Skytrain mulai beroperasi menghubungkan terminal 2 dan 3 bandara Soetta. Di tahap awal, Skytrain beroperasi dalam tiga sesi perhari dan tidak dipungut biaya.

Kereta tanpa kemudi (Skytrain) telah resmi beroperasi mulai tanggal 17 September 2017 untuk menghubungkan terminal 3 Ultimate dan terminal Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Di tahap selanjutnya, Skytrain juga akan menghubungkan Terminal 3, Terminal 2, stasiun kereta bandara, dan Terminal 1 dengan total lintasan dual track yang mencapai 3.050 meter atau sekitar 3 kilometer. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Rangkaian Skytrain bandara Soetta yang terdiri dari dua gerbong ini dapat mengangkut maksimal 176 penumpang sekali perjalanan. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Dengan menggunakan Skytrain, penumpang dapat menempuh perjalanan dari Terminal 3 ke Terminal 2 hanya dalam waktu sekitar 5 menit. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Sebelum ada Skytrain, penumpang biasanya pergi dari satu terminal ke terminal lainnya menggunakan shuttle bus dengan waktu tempuh 15-20 menit. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Pada tahap awal pengoperasiannya, Skytrain memiliki satu masinis dan satu petugas yang berada di belakang kemudi. Nantinya usai tahap percobaan kereta akan melaju tanpa awak. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Petugas sedang menyelesaikan jalur track 2 Skytrain Bandara Soeta, Jakarta (23/9). Panjang track terminal 2 ke 3 sepanjang 1700 meter. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Sebagian besar penumpang yang menaiki Skytrain bandara Soetta terlihat hanya sekadar coba-coba, bukan karena kebutuhan untuk berpindah pesawat ke terminal lain. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Pada tahap awal, pengoperasian skytrain terbatas hanya pada pukul 07.00 – 09.00 WIB, lalu 12.00 – 14.00 WIB, serta 17.00 – 19.00 WIB. Bila tahap pertama rampung, operasional Skytrain selama 24 jam dalam sehari. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)


ARTIKEL TERKAIT