Jokowi Tampung Keluhan Pengusaha

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 04/10/2017 05:24 WIB
Jokowi Tampung Keluhan Pengusaha Presiden Joko Widodo mengaku akan menyediakan waktu khusus untuk menampung keluhan para pengusaha dalam satu hingga dua minggu ke depan. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menampung keluhan sebagian pengusaha yang hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional Kamar Dagang Indonesia (Rakornas Kadin) 2017.

Keluhan tersebut disampaikan oleh enam wakil ketua Kadin. Salah satunya, terkait masih banyaknya BUMN yang mengambil lahan perusahaan swasta, bahkan pelaku usaha kecil.

Kendati sudah mendengarkan keluh kesah pengusaha dalam Rakornas tersebut, Jokowi berjanji akan menyiapkan waktu dalam satu hingga dua minggu mendatang untuk mendengarkan masukan sambil berdiskusi dengan para pengusaha.

Tahun ini, Jokowi fokus menginstruksikan para pembantunya guna meningkatkan perekonomian Indonesia melalui investasi. Sehingga, percepatan pembangunan infrastruktur terjadi dan masyarakat sejahtera.


“Saya akan menyediakan waktu saya full, setengah hari akan saya atur waktunya untuk lebih mendetailkan tadi yang disampaikan,” ujar Jokowi di Jakarta, Selasa (3/10).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyebut dulunya juga seorang pengusaha. Jokowi bahkan tetap berdiri saat 814 anggota Kadin menyanyikan himne, kendati pembawa acara mempersilahkan Jokowi para menteri duduk usai menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Untuk diingat, saya ini juga businessman. Tapi sudah saya tinggalkan,” ungkapnya.