BRI Hentikan Adhyaksa Dault Jadi Komisaris

Yuli Yanna Fauzie, CNN Indonesia | Rabu, 18/10/2017 19:10 WIB
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberhentikan Adhyaksa Dault Daut sebagai Komisaris dan menggantinya dengan Rofikoh Rohim. Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan pemegang saham BRI memberhentikan Adhyaksa Dault Daut sebagai Komisaris dan menggantinya dengan Rofikoh Rohim. (www.ir-bri.com).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali merombak jajaran komisaris dan direksi sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada Rabu (18/10).

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberhentikan Adhyaksa Dault Daut sebagai Komisaris dan menggantinya dengan Rofikoh Rohim. Sebelumnya, Rofikoh lebih dikenal sebagai ekonom, dan sempat bekerja di perusahaan media nasional.

Sementara dari sisi manajemen, pemegang saham memberhentikan Wakil Direktur Sunarso dan mengosongkan posisi tersebut. Hasil rapat juga memutuskan untuk memberhentikan Randi Anto dari kursi Direktur Konsumer.



Sebagai gantinya, masuk dua nama baru ke jajaran BRI, yaitu Handayani sebagai Direktur Konsumer yang sebelumnya menjabat Direktur Konsumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN.

Tak hanya itu, pemegang saham juga menambah jajaran direksi yakni, R. Sophia Alizsa sebagai Direktur Human Capital. Sebelumnya, Sophia menjabat sebagai Direktur Operasional PT Jamkrindo.

Supra tak menjelaskan lebih rinci alasan pergantian formasi komisaris dan direksi tersebut. Namun, ia menekankan bahwa ini sesuai dengan instruksi dari Kementerian BUMN.

“Yang tahu persis adalah kementerian. Kami sendiri sebetulnya masih sangat memerluka Pak Sunarso dan Pak Randi. Tapi kementerian mungkin punya rencana lain,” ujar Supra di Kantor Pusat BRI, Rabu (18/10).

Dalam kesempatan yang sama, Supra mengindikasikan adanya peralihan jabatan untuk direksi yang telah diberhentikan. Sayangnya, ia enggan membeberkan secara rinci penugasan yang dibebankan Kementerian BUMN lebih lanjut.

“Mungkin besok juga sudah ada berita tentang yang tadi berhenti untuk penugasan di tempat lain,” pungkasnya.


Berikut jajaran Dewan Komisaris dan Direksi BRI:
Komisaris Utama/Komisaris Independen: Andrinof A. Chaniago
Wakil Komisaris Utama: Gatot Trihargo
Komisaris: A. Fuad Rahmany
Komisaris : Jeffry J. Wurangian
Komisaris : Rofikoh Rohim
Komisaris: A. Sonny Keraf
Komisaris : Vincentius Sonny Loho
Komisaris: Mahmud
Komisaris : Nicolaus Teguh Budi

Direktur Utama: Suprajarto
Wakil Direktur Utama: -
Direktur: Handayani
Direktur: R. Sophia Alizsa
Direktur: Susy Liestiowaty
Direktur: Donsuwan Simatupang
Direktur: Mohammad Irfan
Direktur: Haru Koesmahargyo
Direktur: Kuswiyoto
Direktur: Sis Apik Wijayanto
Direktur: Priyastomo
Direktur: Indra Utoyo