Selain Lotus, MAP Ternyata Juga Tutup Gerai Debenhams

Yuliyanna Fauzi, CNN Indonesia | Senin, 23/10/2017 19:12 WIB
Selain Lotus, MAP Ternyata Juga Tutup Gerai Debenhams Sumber CNNIndonesia.com mengatakan, setahun terakhir PT Mitra Adiperkasa Tbk menutup gerai Debenhams di Lippo Mall Kemang dan Supermal Karawaci. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya menutup gerai ritel fesyen, Lotus Department Store, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) ternyata juga telah menutup outlet Debenhams Indonesia. Alasannya, pertimbangan bisnis yang tak lagi memberi untung yang sesuai.

Setahun terakhir, ada tiga gerai Debenhams yang tersisa, yaitu di Senayan City, Lippo Mall Kemang, dan Supermal Karawaci. Namun, saat ini tinggal Debenhams di Senayan City yang masih beroperasi.

Sumber CNNIndonesia.com mengatakan, gerai Debenhams di Lippo Mall Kemang telah ditutup sejak tahun lalu.



"Yang di Kemang memang ditutup. Tidak ada gantinya, karena tidak cocok dengan harganya [sewa]," ujar sumber, Senin (23/10).

Sementara, Debenhams yang ada di Supermal Karawaci baru ditutup pada Juli 2017. Namun, tempat yang disewa oleh MAP itu langsung diisi oleh unit bisnis lain, yaitu Sogo Indonesia.

"Diganti bisnis dengan Sogo, tapi masih grup MAP," kata sumber.

Sehingga, yang tersisa tinggal Debenhams Senayan City. Namun, sebelumnya pihak MAP mengatakan, akan menutup dua gerai Debenhams tahun ini. Artinya, bukan tidak mungkin Debenhams Senayan City juga akan menyusul tutup.

Selain Lotus, MAP Ternyata Juga Tutup Gerai DebenhamsOutlet Debenhams di Senayan City. (CNN Indonesia/Yuliyanna Fauzi)
Hanya saja, sumber mengaku, saat ini belum ada pemberitahuan resmi terkait kabar itu. Justru, menurut sumber, kontrak gerai Debenhams di Senayan City masih berlangsung sampai tahun depan.

"Soal Debenhams Sency tutup ini, kami belum tahu karena tidak bisa memberi kepastian. Kepastian ada di manajemen atas, walau gosip di luar bilangnya begitu. Bisa saja nantinya arah bisnis berubah atau bagaimana, kami lihat ke depan," jelasnya.

"Seharusnya tahun ini kami habis masa kontraknya, cuma kami ekspektasi sampai tahun depan. Makanya, kami tidak bisa prediksi bagaimana kelanjutan sampai tahun depan," tambahnya.

Kendati begitu, sumber mengungkapkan bahwa penutupan dua gerai Debenhams sebelumnya membuat beberapa karyawan dari cabang lain dipindahkan ke Debenhams di Senayan City.


Sementara, dari sisi penjualan, sumber mengaku bahwa saat ini penjualan masih sejalan dengan prospek bisnis yang telah dipetakan oleh pihak gerai. Begitu pula dengan penjadwalan promosi.

"Promosi tetap berjalan. Karena kan department store ya, jadi tetap sesuaikan jadwal promosi," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, saat ini Debenhams tengah menggelar promosi potongan harga hingga 70 persen. Namun, pada jam pulang kantor, terlihat suasana gerai tak ramai. Hanya ada beberapa pengunjung yang sibuk melihat-lihat pakaian diskon. (gir/gir)