Foto: Mengintip Potensi Besar Industri Galangan Kapal

CNN Indonesia/Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Kamis, 09/11/2017 07:48 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Industri galangan kapal disebut memiliki peluang besar untuk berkembang pesat, memanfaatkan program Poros Maritim oleh Presiden Joko Widodo. 

Pekerja menyelesaikan perbaikan kapal pengangkut barang di sebuah galangan kapal di Muara Angke, Jakarta, pada Rabu (8/11). Industri galangan kapal dinilai memiliki peluang besar untuk tumh dengan memanfaatkan pasar kemaritiman tanah air. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Kapal transportasi di Indonesia saat ini masih diimpor dari luar negeri. Hal ini dinilai dapat menjadi peluang besar bagi industri galangan kapal nasional. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Saat ini, industri galangan kapal tak lagi hanya mengandalkan pengangkutan mintak dan gas, tetapi juga bisa merambah ke industri-industri maritim lainnya.(CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Guna mendorong industri galangan kapal, pemerintah telah memberikan insentif fiskal, di antaranya bea masuk ditanggung pemerintah untuk 15 komponen kapal yang belum bisa diproduksi di dalam negeri.(CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Insentif juga diberikan dalam bentuk pengurangan pajak tax allowance untuk galangan-galangan kapal, di mana dibuat batasan modal minimum Rp50 miliar dengan lapangan kerja 300 orang.(CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Pemerintah  saat ini menempatkan sektor maritim sebagai salah satu sektor yang mendapatkan prioritas dalam pembangunan nasional. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Melalui visi kemaritiman, pemerintah berupaya agar sektor industri maritim mempunyai daya saing ditingkat global. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Namun, selain berfungsi meningkatkan aktivitas ekonomi, sektor maritim juga menjadi simbol kekuatan dan kedaulatan negara. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)


ARTIKEL TERKAIT