Emas, Mengapa Tidak?

CNN Indonesia , CNN Indonesia | Jumat, 17/11/2017 18:34 WIB
Emas, Mengapa Tidak? Ilustrasi batangan emas. (Antara Foto/Ari Bowo Sucipto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apa sih yang dipikirkan sebagian orang untuk investasi? Mungkin sebagian investor pemula mulai menimbang-nimbang untuk menempatkan dananya pada deposito, saham, properti hingga logam mulia emas. Jenis investasi itu pun punya keunggulannya masing-masing.

Namun, logam mulia macam emas pun punya keunggulan tersendiri. Mulai dari tingkat keamanannya, menguntungkan, mudah dicairkan hingga memiliki risiko yang rendah.

Tak hanya itu, investor pemula pun butuh tahu bahwa investasi ini pun memiliki nilai lebih terjaga sehingga dapat menjadi agunan.

Selain itu, orang seringkali menganggap memiliki emas justru adalah memiliki harta sebenarnya, karena nilainya yang tak pernah turun.

Kini, sejumlah lembaga keuangan dan pembiayaan, banyak menawarkan pelbagai produk investasi emas kepada konsumen. Mulai dari tabungan emas hingga dalam bentuk emas batangan.

Berbeda dengan investasi lainnya, misalnya properti, investor tentu harus menunggu properti itu laku terlebih dahulu untuk memperoleh dana. Sedangkan emas, pencairan uang lebih cepat dilakukan.

Keunggulan lainnya: siapa pun dapat berinvestasi dengan emas karena relatif terjangkau.

Tentunya, konsumen harus tetap jeli mana yang benar-benar aman serta menguntungkan.

Walaupun demikian, investor harus waspada investasi. Salah satu cara pengecekan sederhana adalah melihat kembali daftar penyedia investasi yang dirilis oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun lembaga berwenang lainnya.

Ini untuk mengantisipasi munculnya kembali kasus penipuan atas nama investasi emas.

Kewaspadaan ini menjadi penting sebelum investor pemula benar-benar menempatkan uangnya ke logam mulia tersebut.

Salah catu cara tidak langsung untuk 'berinvestasi' pada emas ini adalah melalui Bank Mega, yaitu program Mega Super Vaganza Gemilang Emas.

Setiap bulannya, ada 30 nasabah Mega Dana yang  bisa mendapat emas batangan 10 gram dan satu nasabah dapat 100 gram secara gratis jika ikut program tersebut.

Selain itu, dua orang nasabah juga berkesempatan memenangkan grand prize masing-masing 500 gram emas di akhir periode.

Program Mega Supervaganza Gemilang Emas telah dimulai sejak 25 September 2017 dan akan berakhir pada 11 Maret 2018. (vws)