Jokowi Bahas Pergantian Dirjen Pajak Siang Ini

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 29/11/2017 11:19 WIB
Jokowi Bahas Pergantian Dirjen Pajak Siang Ini Presiden Joko Widodo akan mengadakan rapat Tim Penilai Akhir pada siang ini guna membahas penunjukkan Dirjen Pajak baru, guna menggantikan Ken Dwijugiasteadi yang akan memasuki masa pensiun. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyebut, pergantian Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak akan dibahas hari ini dalam rapat Tim Penilaian Akhir (TPA). Hal itu dikarenakan Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi akan pensiun Desember 2017.

“Nanti siang, ini masih di TPA,” ujar Jokowi di Raffles Hotel, Rabu (29/11).

Berdasarkan informasi yang diterima, Jokowi akan memimpin langsung rapat TPA di Istana sekitar pukul 14.00 WIB.


TPA merupakan tim yang dibentuk Presiden guna menyeleksi calon pejabat eseleon I Kementerian dan Lembaga, maupun Direktur Utama BUMN-BUMN tertentu.

Rapat ini biasanya dihadiri kementerian terkait, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya, Jokowi dikabarkan kemungkinan besar menunjuk Dirjen pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementrian Keuangan Robert Pakpahan menjadi Dirjen Pajak.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan, posisi itu sebaiknya segera diisi tanpa harus menunjuk pelaksana tugas (PLT).

Di tengah transisi pergantian kepemimpinan tersebut, Sri Mulyani menegaskan akan terus menjaga Direktorat Jenderal Pajak tetap fokus menjalankan tugasnya mengejar penerimaan negara menjelang akhir tahun. (agi/agi)