Kementerian ESDM Gandeng Kemensos Ubah Skema Subsidi LPG 3 Kg

Agustiyanti, CNN Indonesia | Sabtu, 09/12/2017 02:00 WIB
Kementerian ESDM Gandeng Kemensos Ubah Skema Subsidi LPG 3 Kg Pemerintah saat ini tengah merancang infrastruktur guna merealisasikan distribusi tertutup gas melon tersebut yang bakal diterapkan tahun depan. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggandeng Kementerian Sosial untuk mewujudkan sistem distribusi tertutup Liquified Gas Petrolium (LPG/ELPIJI) berukuran 3 Kilogram (Kg) di tahun depan. Penerima Gas LPG 3kg nantinya hanya akan disalurkan pada 25,7 juta keluarga.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Baru ESDM Harya Adityawarman mengungkapkan, pihaknya akan menggandeng Kemensos dalam rangka mewujudkan instrumen validasi data penerima gas Elpiji berukuran 3 kilogram tersebut. Ia menyebut, subsidi gas LPG nantinya hanya akan diberikan pada sekitar 25,7 juta keluarga.

"Nah, saat ini memang pemerintah kemarin bersepakat bahwa untuk melakukan verifikasi atau validasi rumah tangga tersebut itu adalah dinas sosial," ujarnya di Jakarta, Jumat (8/12).

Harya mengaku, pihaknya saat ini masih merancang infrastruktur guna merealisasikan distribusi tertutup gas melon tersebut. Skema baru subsidi LPG tersebut, rencananya akan diterapkan tahun depan.


Adapun subsidi gas dalam struktur Anggaran Pengeluaran dan Belanja Negara (APBN) 2012 masih sama dengan yang tertera di APBN 2017, yakni sebesar 7,09 ton

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero) Muchammad Iskandar menambahkan, sistem distribusi tertutup ini merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi aksi penimbunan gas elpiji bersubsidi oleh beberapa kalangan yang tidak seharusnya menikmati gas elpiji bersubsidi tersebut. (agi/agi)