Menkop dan UKM: Kospin Jasa Jawab Impian Koperasi Masuk Bursa

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 19/12/2017 16:22 WIB
Menkop dan UKM: Kospin Jasa Jawab Impian Koperasi Masuk Bursa Menkop dan UKM Puspayoga menyambut baik langkah Kospin Jasa Pekalongan, melalui anak usahanya, PT Asuranji Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi, melantai di bursa. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga menyambut baik langkah Kospin Jasa Pekalongan, melalui anak usahanya, PT Asuranji Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi, melantai di Bursa Efek Indonesia.

Jasa Mitra dengan kode saham JMAS, menggelar Penawaran Umum Perdana Saham pada Senin lalu. Koperasi simpan pinjam itu sendiri berbasis di Pekalongan, Jawa Tengah.

Pencatatan saham perdana JMAS, ditandai dengan menekan layar sentuh oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga didampingi Direktur PT Bursa Efek Indonesia Samsul Hidayat, Ketua Kospin Jasa Andy Arslan dan Direktur Utama PT JMAS Ibrahim.


Perseroan  melepas 1 juta saham, dengan komposisi 600 ribu saham pendiri dan 400 ribu saham publik. Saham dilepas dengan harga Rp140 per lembar. Saat tercatat di bursa, saham JMAS langsung naik harganya menjadi Rp 238 per saham atau naik 70 persen dibanding harga perdana.

"Ini adalah impian saya sebagai Menteri Koperasi dan UKM, koperasi itu usahanya bisa masuk bursa efek. Dan hari ini sudah terjawab oleh koperasi Kospin Jasa, anak perusahaannya yang bergerak di asuransi jiwa,” kata Puspayoga dalam keterangannya, Senin (18/12).


Dia juga mendorong koperasi lainnya yang memiliki usaha untuk segera masuk bursa. Kalau sudah terbuka, kata Puspayoga, maka siapa pun dapat membeli sahamnya.

"Ini yang pertama, mimpi saya sudah terwujud. Saya mendorong terus, mudah-mudahan tahun depan ada lagi yang bisa masuk bursa," kata Menteri Puspayoga.

Ditanya berapa lagi koperasi yang akan masuk bursa, dia mengatakan tidak bisa memprediksi. Namun mereka akan disuruh belajar ke Kospin Jasa bagaimana mempersiapkan anak perusahaannya masuk bursa.

Tempat untuk Lebih Besar

Direktur BEI, Syamsul Hidayat memberikan apresiasi pada koperasi dan perusahaan UKM yang masuk bursa. "Tidak perlu besar dulu baru masuk bursa, namun di bursa adalah tempat bagi UKM untuk besar," katanya.

Ketua Kospin Jasa Andi Arsyal mengatakan, masuknya JMAS ke bursa adalah kado terindah bagi HUT Kospin Jasa ke 44 pada 13 desember lalu.

Direktur IKNB OJK Moch Muchlasin mengatakan OJK sangat mengapresiasi masuknya koperasi dalam industri perasuransian, yakni pendirian PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi oleh Kospin Jasa. (asa)