Jelang Natal, Kedatangan Penumpang Bandara Bali Turun Tipis

Agustiyanti, CNN Indonesia | Senin, 25/12/2017 21:50 WIB
Jelang Natal, Kedatangan Penumpang Bandara Bali Turun Tipis Penurunan penumpang di Bandara Ngurah Rai, Bali menjelang Natal, terutama terjadi pada kedatangan internasional, sedangkan kedatangan domestik naik tipis. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Posko Monitoring Terpadu Natal dan Tahun Baru Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat, jumlah kedatangan penumpang domestik dan internasional pada sepanjang 18 Desember hingga 24 Desember mencapai 31.657 penumpang. Jumlah tersebut turun tipis dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 31.966 penumpang.

Dikutip dari Antara, Senin (25/12), penurunan terutama terjadi pada kedatangan internasional yang turun tipis 2,15 persen dari 14.588 penumpang pada 2016 menjadi 14.274 penumpang. Adapun penumpang domestik naik tipis yakni mencapai 17.383 orang dibandingkan tahun 2016 mencapai 17.378 orang

Sedangkan kedatangan internasional selama periode tersebut mencapai 14.274 orang atau turun tipis 2,15 persen dibandingkan tahun 2016 mencapai 14.588 orang.


Kepala Bidang Komunikasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim memperkirakan kedatangan penumpang domestik baru akan meningkat signifikan setelah Natal. Pasalnya, sebagian wisatawan domestik masih fokus melaksanakan misa Natal dan baru memulai perjalanan liburan setelah hari raya.

Sementara itu, turunnya penumpang internasional, menurut dia, terutama disebabkan oleh erupsi Gunung Agung yang masih melanda Bali. Kendati demikian, Ia optimistis kedatangan penumpang mancanegara baka melonjak mulai awal tahun baru hingga Februari 2018 seiring libur panjang Imlek yang berlangsung di China.

"Kami prediksi wisatawan China akan menjadi stimulus signifikan untuk pertumbuhan penumpang internasional," kata Arie di Badung, Bali.

Arie pun mengharapkan, pembatalan jadwal penerbangan yang dilakukan maskapai dari negeri panda itu tak lagi terjadi memasuki awal tahun baru, baik untuk jadwal penerbangan reguler atau carter.

Sedangkan penumpang internasional dari Australia, lanjut dia, hingga saat ini tingkat keterisian penumpang di pesawat sudah mulai beranjak mendekati 100 persen. Selain wisatawan dari Australia, wisatawan dari India dan Malaysia turut mendominasi kedatangan internasional mendekati libur natal ini. (Antara/agi)