Jasa Marga Kantongi Izin Garap Dua Ruas Tol Trans Jawa

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Kamis, 04/01/2018 15:31 WIB
Jasa Marga Kantongi Izin Garap Dua Ruas Tol Trans Jawa Jasa Marga melalui konsorsium mengantongi izin menggarap proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dan Jakarta-Cikampek II Selatan. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengantongi izin baru untuk menggarap dua ruas tol Trans Jawa setelah didapuk sebagai pemenang lelang proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dan Jakarta-Cikampek II Selatan.

AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, lelang proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tersebut dimenangi konsorsium perusahaan pelat merah yang terdiri atas Jasa Marga, PT Waskita Toll Road dan PT Brantas Abipraya (Persero).

Adapun, nilai investasi proyek jalan tol sepanjang 172,91 kilometer tersebut mencapai Rp23,4 triliun. Jalan tol ini tergabung dalam mega proyek Trans Jawa dan rencananya akan dioperasikan pada tahun 2019.


Sedangkan untuk lelang proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, investasinya diperkirakan Rp14,7 triliun. Tol sepanjang 64 KM itu akan digarap oleh konsorsium Jasa Marga dan PT Wira Nusantara Bumi.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang merupakan inisiatif Jasa Marga ini diproyeksikan beroperasi pada 2020 mendatang.

Jasa Marga juga sebelumnya telah memprakarsai jalan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek II yang tengah memasuki masa konstruksi.

Selain sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dan mendukung program pemerintah dalam pemerataan infrastruktur, dua proyek itu dibangun untuk meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa (logistik) serta meningkatkan konektivitas di Pulau Jawa. (bir)