Anies Gandeng BI Bentuk Tim Muluskan KPR DP Nol Rupiah

Yuli Yanna Fauzie, CNN Indonesia | Jumat, 05/01/2018 10:53 WIB
Anies Gandeng BI Bentuk Tim Muluskan KPR DP Nol Rupiah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, pembentukan tim terkait program KPR DP nol persen ini merupakan bukti nyata bahwa BI memberi dukungan terhadap program yang digagasnya itu. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Bank Indonesia (BI) akan membentuk tim bersama untuk menyusun rincian pengelolaan program uang muka (down payment/DP) nol rupiah.

Menurutnya, pembentukan tim ini sebagai bukti nyata bahwa BI memberi dukungan terhadap program yang digagasnya itu. Bahkan, Anies bilang, BI turut memberi masukan berupa skema-skema jangka panjang untuk program ini.

"BI memberikan skema-skema untuk bisa kami diskusikan lebih jauh, yang pada intinya adalah BI memberikan dukungan," ujar Anies usai bertemu dengan Gubernur BI Agus D.W Martowardojo di Gedung BI, Jumat (5/1).


Kendati begitu, Anies belum memberi rincian mengenai siapa saja yang akan terlibat dalam tim program DP nol rupiah itu. Namun, ia bilang, tim tersebut akan menyertakan perwakilan dari Kementerian/Lembaga (K/L).

Adapun dari sisi Pemprov, menurut dia, akan pula disertakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang sebelumnya sengaja dibentuk untuk merealisasikan program ini.

"Tim tersebut juga akan melibatkan instansi pemerintah pusat, seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian Keuangan (Kemenkeu)," imbuhnya.

Sayang, Anis belum merinci tugas dan target dari tim yang akan dibentuknya tersebut. Ia hanya berharap, tim ini dapat mewujudkan program yang digagasnya saat bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada awal 2017.

"Harapannya program kami DP nol rupiah bisa terlaksana dengan efisiensi, tepat, dan terlaksana sesuai pengaturan," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut, akan meluncurkan secara resmi program DP nol rupiah pada 18 Januari 2018 mendatang. Pada peluncuran itu, Sandi bilang, akan mulai dibangun sekitar 700-800 unit rumah.

“Insya Allah akan dirilis 18-1-18. Tanggalnya cantik,” kata Sandi akhir tahun kemarin. (agi/agi)