Jaga Stabilitas Harga, Sandiaga Pastikan Tak Ada Tahan Beras

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Kamis, 11/01/2018 22:05 WIB
Jaga Stabilitas Harga, Sandiaga Pastikan Tak Ada Tahan Beras Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengklaim Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia berkomitmen memastikan tidak ada penjual yang menahan pasokan beras. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengklaim Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPSI) telah berkomitmen untuk memastikan tidak ada penjual atau pedagang yang menahan bahan pangan, terutama beras.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat melakukan operasi pasar untuk memantau stabilitas harga dan pasokan pangan di JakGrosir, Pasar Kramat Jati, Jakarta, Kamis (11/1/) pagi.

"Sekarang harganya sudah mencekik buat warga masyarakat di angka yang mendekati Rp13 ribu," kata Sandi.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah pihak memantau layanan JakGrosir untuk pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan juga memastikan stok pangan cukup.


Sandi berkeliling dan meninjau harga pangan beras, daging ayam, dan daging sapi di area seluas 3800 meter persegi tersebut.

"Stok daging tadi cukup. Daging ayam, daging sapi cukup. Beras juga cukup," kata Sandi.

Ia menegaskan tidak ada kenaikan harga bahan pokok di JakGrosir yang secara khusus melayani pegawai Pemprov DKI, karyawan PD Pasar Jaya, dan warga penerima KJP ini.

Selain stabilitas harga dan pasokan pangan, Sandi menyebut akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk memastikan jalur distribusi yang lancar.

Ia berharap, operasi pasar yang digelar dalam dua hari terakhir ini menjawab kekhawatiran masyarakat dalam memperoleh harga bahan pokok yang terjangkau.

Harga Telur dan Daging

Selain komoditas beras, Sandi menyebut harga telur ayam yang relatif turun dan harga daging cenderung stagnan.

Berdasarkan pantauan di JakGrosir, harga telur ayam sebesar Rp12.500 per tray berisi 15 butir. Kemudian, harga daging ayam sebesar Rp8 ribu per kg, daging sapi Rp35 ribu per kg, dan beras Rp30 ribu per 5 kg.

Sandi berencana akan membangun JakGrosir di lima wilayah Jakarta dan satu di Kepulauan Seribu.

Namun, Sandi menegaskan akan memprioritaskan pendirian JakGrosir di Kepulauan Seribu atas dasar pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Jakarta. Pembangunan akan dimulai tahun ini.

"Sekarang kita ingin fokus di masyarakat Kepulauan Seribu yang belum tersentuh secara serius, kita prioritaskan di sana," kata Sandi.
(lav/lav)