Menteri Rini Yakin Makassar New Port Rampung Oktober 2018

Lavinda, CNN Indonesia | Senin, 15/01/2018 10:31 WIB
Menteri Rini Yakin Makassar New Port Rampung Oktober 2018 Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meyakini proyek Makassar New Port (MNP) akan segera rampung pada Oktober 2018 atau lebih cepat. (www.inaport4.co.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meyakini proyek Makassar New Port (MNP) akan segera rampung pada Oktober 2018 atau lebih cepat dari jadwal semula yang ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau proyek Makassar New Port (MNP) yang kini memasuki penyelesaian tahap pertama.

"Kehadiran kami di sini untuk melihat progres pembangunan MNP di Makassar," kata Rini seperti dikutip dari Antara, Senin (15/1).

Dia mengatakan, dari hasil peninjauan itu, pihaknya meyakini proyek itu dapat diselesaikan pada Oktober 2018 dari jadwal sebelumnya akhir 2018.


Pembangunan MNP tahap pertama ini menggunakan dana sebesar Rp1,5 triliun dengan pengerjaan proyek selama tiga tahun sejak 2015.

Dari total dana tahap pertama itu, Kepala Satuan Pengelola Proyek MNP Arwin mengatakan, penyerapan dananya sudah 50 persen dan hasil perhitungan di lapangan pembangunan proyek itu selesai pada Oktober 2018.

Sementara itu, Rini mengatakan, pembangunan NPM bertujuan mendukung gagasan tol laut Presiden Jokowi yang membutuhkan pelabuhan yang handal dan efisien.

Dengan selesainya proyek MNP itu ke depan akan menghasilkan dermaga sepanjang 320 meter serta kawasan peti kemas seluas 16 hektare.

NPM ini dinilai sangat penting dalam rangka memperkuat sistem logistik nasional dan meningkatkan konektivitas antar pulau di Indonesia.

Kehadiran menteri BUMN di Makassar selain meninjau proyek MNP juga dijadwalkan meninjau proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kabupaten Sidrap. (Antara/lav)