Jokowi Pimpin Ratas Revitalisasi Citarum di Bandung Siang Ini

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Selasa, 16/01/2018 11:57 WIB
Jokowi Pimpin Ratas Revitalisasi Citarum di Bandung Siang Ini Presiden Joko Widodo bakal memimpin rapat terbatas bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerja membahas penataan daerah aliran Sungai Citarum siang ini. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo bakal memimpin rapat terbatas bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerja membahas penataan daerah aliran Sungai Citarum siang ini, Selasa (16/1).

Berdasarkan keterangan resmi, rapat terbatas bakal dilakukan di Graha Wiksa Praniti, Bandung. Ratas termasuk dalam kegiatan kunjungan kerja Jokowi selama di Jawa Barat hari ini.

Revitalisasi Sungai Citarum masuk fokus pemerintah dan mendesak sebab makhluk hidup dan lingkungan sungai di dalamnya sudah tercemar bakteri.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan disebut sedang menyusun aturan untuk menutup keramba-keramba dan mencarikan alternatif lain untuk memperbaiki lingkungan sungai.


Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, peta jalan dan rencana terperinci kini menjadi kajian Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro.

Revitalisasi Sungai Citarum, kata Luhut, dapat dilakukan bulan depan apabila mendapat persetujuan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas nanti.

Jelang realisasi perbaikan, pemerintah akan menyosialisasikan masyarakat dan industri yang yang berada di daerah aliran Sungai (DAS) Citarum, termasuk melarang membuang sampah dan limbah langsung ke sungai sepanjang 300 kilometer itu.

Terkait dana, Luhut sempat mengatakan, sejak 2015, Asian Development Bank (ADB) pernah menawarkan pinjaman Rp200 triliun dengan jangka waktu 20 tahun merevitalisasi sungai terpanjang di Jawa Barat tersebur.

Tetapi, Luhut menilai bantuan tersebur terlalu besar untuk revitalisasi Sungai Citarum. Revitalisasi dapat dilakukan lebih murah dengan melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta Polri. (lav/lav)