Tol Pertama di Lampung Bisa Dinikmati Gratis Dua Minggu

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Minggu, 21/01/2018 09:23 WIB
Tol Pertama di Lampung Bisa Dinikmati Gratis Dua Minggu Tol Bakauheni-Terbanggi Baru bisa dinikmati secara gratis dalam dua minggu pertama sejak dibuka Minggu (21/1). (dok. CNN Indonesia/ Christie Stefanie)
Lampung, CNN Indonesia -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, masyarakat dapat menggunakan Tol Bakauheni-Terbanggi Baru secara cuma-cuma dalam dua minggu pertama.

Hal itu disampaikan jelang peresmian jalur tol Trans Sumatera oleh Presiden Joko Widodo Minggu (21/1) pagi di Lampung.

"Biasanya dibebaskan dua minggu. Tapi nanti tergantung keputusan Pak Presiden karena ini adalah tol pertama di Lampung apakah ini akan dibebaskan dulu," ujar Basuki di Bakauheni, Lampung.

Basuki menuturkan, jika berbayar, pengguna tol ini setidaknya akan dikenai biaya sekitar Rp800 per kilometernya. Sehingga, tarif dari Pelabuhan Bakauheni hingga interchange Bakauheni sekitar Rp7 ribu.

Setelah diresmikan, tol ini disebut bisa langsung digunakan masyarakat. Pembangunan di seksi lainnya pun dilanjutkan sehingga ruas menuju Palembang bisa dibuka Juni nanti.

Ia meyakini, pembangunan selesai sesuai target sebab pembebasan lahan sampai Palembang sudah di atas 90 persen. Sehingga, konstruksi dapat dipercepat.

Basuki menyatakan, ruas tol ini memang menjadi bagian untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Tetapi, fungsi utamanya adalah guna memudahkan serta menurunkan biaya logistik.

“Kalau ini Tol Sumatera untuk logistik. Kan punya jalur lintas timur. Ini punya tol sehingga diharapkan mempercepat arus logistik,” ucapnya. (evn)