Naik Truk, Jokowi Resmikan Tol Pertama di Lampung

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Minggu, 21/01/2018 10:27 WIB
Naik Truk, Jokowi Resmikan Tol Pertama di Lampung Presiden Jokowi meresmikan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Lampung, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo Minggu (21/1) pagi menaiki truk sebagai tanda peresmian 14 kilometer Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Ini merupakan tol pertama yang beroperasi di Lampung.

Berdasarkan pantauan, Jokowi duduk sendiri di depan bersebelahan langsung dengan pengemudi truk hijau. Ia menyusuri jalan tol baru itu sekitar 10 menit.

Ruas tol yang diresmikan adalah sembilan kilometer seksi 1 dari Pelabuhan-IC (inter change) Bakauheni dan lima kilometer seksi 5 dari IC Lematang-IC Kota Baru. Tol ini merupakan bagian dari 140,9 KM Tol Bakaheuni-Terbanggi Besar.


“Tol ini sudah di tikungan dan sedikit lagi bisa dilihat dan rasakan manfaatnya oleh masyarakat Sumatera dan Lampung,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menuturkan, menaiki truk menjadi tanda Jokowi menegaskan fungsi utama tol ini guna mempercepat arus serta menurunkan biaya logistik.

Naik Truk, Jokowi Resmikan Tol Pertama di LampungTol Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan Jokowi, Minggu (21/1). (dok. CNN Indonesia/Christie Stefanie)

Kendati demikian, Jokowi menyatakan tol ini harus diselesaikan sehingga menyambung ke Palembang sebelum penyelenggaraan Asian Games.

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan satu dari 24 ruas Jalan Tol Trans-Sumatera yang dikembangkan Hutama Karya melalui penugasan pemerintah.

Pembangunan ruas tol ini dimulai sejak 2015 yang terbagi menjadi sembilan seksi dan ditargetkan rampung secara keseluruhan pada 2019.

Pembangunan ini mendapatkan pinjaman kredit Rp8,067 triliun dari tujuh bank yakni PT Bank Mandiri Tbk (Persero), PT BNI Tbk (Persero), PT Bank BCA Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank Permata Tbk, dan Bank ICBC Indonesia. (evn)