Jokowi: Jalur Darat Jadi Opsi Nonton Asian Games Palembang

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Minggu, 21/01/2018 11:28 WIB
Jokowi: Jalur Darat Jadi Opsi Nonton Asian Games Palembang Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Lampung, Minggu (21/1). (dok. CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Lampung, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengatakan, masyarakat nantinya memiliki banyak opsi jika ingin mengikuti euforia Asian Games di Palembang. Hal itu disampaikan usai meresmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar pagi tadi.

Tol ini nantinya akan terhubung langsung dari Lampung sampai ke Palembang. Saat ini tol masih dalam proses dan ditargetkan selesai sebelum penyelenggaraan Asian Games.

“Ya dari Jakarta ke Palembang langsung lewat darat bisa. Tidak semuanya harus lewat udara,” ujar Jokowi di Bakauheni, Lampung, Minggu (21/1).

Selama ini jalur termudah menuju Palembang dari Jakarta melalui udara. Tapi, jalur darat nantinya dapat ditempuh lebih cepat dan mudah setelah seluruh proses pembangunan rampung pada Juni mendatang.

Asian Games diselenggarakan pada 18 Agustus mendatang menjadikan Jakarta dan Palembang sebagai titik tempat perhelatan empat tahun sekali ini diselenggarakan.

Saat ini, proses pembebasan lahan hingga Palembang sudah mencapai 90 persen. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menuturkan, konstruksi bisa dilakukan dan dipercepat.

Ruas tol yang Bakauheni-Palembang masuk proyek strategis nasional, Tol Trans Sumatera 2,5 ribu kilometer.

Sementara itu, jalur tol yang diresmikan Jokowi pagi tadi dan sudah bisa digunakan menghubungkan Pelabuhan-IC (inter change) Bakauheni (9KM) dan seksi 5 dari IC Lematang-IC Kota Baru (5KM). (evn)