Bank Tawarkan Cicilan Paket Liburan Demi Genjot Kartu Kredit

Yuli Yanna Fauzie, CNN Indonesia | Rabu, 31/01/2018 19:37 WIB
Bank Tawarkan Cicilan Paket Liburan Demi Genjot Kartu Kredit Industri perbankan mulai meningkatkan fitur pembayaran untuk paket liburan, antara lain melalui cicilan nol persen, guna mengerek bisnis kartu kredit. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Industri perbankan mulai meningkatkan fitur pembayaran untuk paket liburan, antara lain dalam bentuk cicilan nol persen, guna mengerek pertumbuhan bisnis kartu kredit. Hal ini, sejalan dengan adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat yang meningkat untuk kebutuhan rekreasi.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI misalnya, meluncurkan kartu kredit khusus, yakni BRI World Access. Produk tersebut ditargetkan mampu menggaet kalangan milenial kaya bergaji minimal Rp30 juta per bulan yang senang berlibur.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, kartu kredit khusus pecinta liburan ini memiliki limit transaksi hingga Rp1 miliar dan kelebihan lainnya, seperti cicilan nol persen, hingga bebas fasilitas di bandara di seluruh dunia.


"Milenial kaya pasti akan memanfaatkan benefit (keuntungan) dari program ini dan biasanya ini cocok untuk milenial yang suka menggunakan e-commerce," kata Handayani, Selasa (30/1).

Dari penerbitan kartu kredit khusus ini, BRI menargetkan bisa menggaet sekitar 10 ribu nasabah baru dari kartu ini saja.
Sedangkan jumlah kartu kredit perseroan secara keseluruhan, ditargetkan mencapai 1,9 juta keping kartu atau meningkat sekitar 21 persen pada tahun ini dari tahun lalu yang sekitar 1,6 juta keping.

"Kira-kira diharapkan jumlah kartu kredit naik 300 ribu pada tahun ini dari tahun lalu," terangnya.

Pemain lain, Citibank Indonesia, rupanya juga tengah meningkatkan fitur pembayaran untuk paket liburan. Hal ini dilakukan lantaran pembayaran untuk paket liburan menjadi penyumbang terbesar dari transaksi bisnis kartu kredit bank, yaitu mencapai sekitar 20 persen. Kemudian, diikuti oleh pembayaran untuk e-commerce dan pembayaran untuk belanja di toko-toko ritel.
"Tentunya kami terus improve dan tingkatkan kenyamanan dan kemudahan pembayaran dan untuk apply kartu kredit secara digital," tutur Head of Card Product and Acquisition Citi Indonesia Margareta Wong, Rabu (31/1).

Adapun fitur yang ditambahkan, misalnya, penawaran cicilan nol persen dan penawaran uang kembali (cashback) di merchant (pedagang) tertentu, hingga penambahan poin mileage dari maskapai tertentu yang bekerja sama dengan Citibank Indonesia.

"Di 2017 kami capai sekitar 25 persen nasabah baru, sekitar 1 juta kartu. Tahun ini diharapkan lebih dari itu (25 persen), kisarannya segitu," katanya. (agi/agi)