Chairul Tanjung Akui 'Didekati' AJB Bumiputera

Dinda Audriene Muthmainah, CNN Indonesia | Kamis, 08/02/2018 17:23 WIB
Chairul Tanjung Akui 'Didekati' AJB Bumiputera Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengaku sudah ada pembicaraan dengan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 terkait kerja sama pengelolaan aset properti. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengakui telah ada pembicaraan dengan pihak Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 terkait kerja sama pengelolaan aset properti milik perusahaan asuransi tersebut.

"Ada pembicaraan tapi bukan dengan saya, dengan staff saya," ucap Chairul Tanjung, Kamis (8/1).

Chairul menyebut, pendekatan kerja sama sebenarnya lebih dulu dimulai oleh manajemen AJB Bumiputera 1912. Perusahaan asuransi tersebut, menurut dia, menyampaikan keinginannya untuk bekerja sama dengan CT Corp. Adapun, kerja sama mencakup pengelolaan terhadap beberapa aset properti milik AJB Bumiputera 1912.


Namun, menurut dia, pembicaraan tersebut belum detail. Ia pun tidak dapat memastikan realisasi dari hasil diskusi antara staff-nya dan manajemen AJB Bumiputera 1912.


"Pokoknya kami belum sampai pembicaraan detail. Belum ada kerja sama apapun," tegasnya.

Sebelumnya, Pengelola Statuter AJB Bumiputera Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Adhie M Massardi menyebut, Chairul Tanjung merupakan salah satu pengusaha yang berminat melakukan kerja sama untuk menyelamatkan AJB Bumiputera 1912 jilid kedua.


Ajakan kerja sama oleh manajemen AJB Bumiputera 1912 ini dilakukan pasca skema restrukturisasi jilid I gagal. Bentuk dari penyelamatan perusahaan jilid I, berupa kerja sama AJB Bumiputera 1912 dengan PT Bumiputera Investasi Indonesia Tbk (GREN), atau yang sebelumnya bernama PT Evergreen Invesco.

Awalnya, anak usaha dari Bumiputera Ivestasi Indonesia bernama PT Asuransi Jiwa Bumiputera (PT AJB) atau yang sudah berubah nama menjadi PT Asuransi Jiwa Bhinneka atau Bhinneka Life akan membagi keuntungan (profit sharing) sebesar 40 persen dari keuntungan selama 12 tahun. (agi/agi)