IHSG Diramal Bergerak Konsolidasi

Dinda Audriene Muthmainah , CNN Indonesia | Rabu, 14/02/2018 08:03 WIB
IHSG Diramal Bergerak Konsolidasi Pergerakan IHSG pada hari ini diperkirakan juga akan diwarnai oleh rilis data penjualan mobil. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi  bergerak dalam rentang konsolidasi wajar pada perdagangan hari ini, Rabu (14/2). Saat ini, pelaku pasar tengah menanti hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI).

Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi, hasil RDG BI bulan ini tidak akan mengubah kebijakan sebelumnya. Tingkat suku bunga acuan diperkirakan akan dipertahankan di level 4,25 persen.

"Pergerakan IHSG juga akan diwarnai oleh rilis data perekonomian dan penjualan mobil," ucap William dalam risetnya.

Untuk itu, William memasang target support IHSG hari ini di level 6.492 dan resistance 6.671. Sementara, ia menetapkan beberapa saham berkapitalisasi besar dalam posisi beli (buy), seperti PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), dan PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP).


Di sisi lain, Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menilai, pergerakan nilai tukar rupiah yang mulai membaik dapat memicu aksi beli lanjutan dari pelaku pasar.

"Berkurangnya aksi jual asing memberikan kesempatan pada IHSG untuk dapat melanjutkan kenaikannya," terang Reza dalam risetnya.

Terlebih lagi, pelaku pasar masih terus memamfaatkan momentum pelemahan IHSG yang terjadi pada pekan lalu untuk membeli sebagian harga saham di harga rendah.


"Diperkirakan IHSG akan berada di kisaran support 6.503-6.514 dan resistance 6.536-6.548," jelas Reza.

Sekadar informasi, IHSG pada perdagangan kemarin ditutup naik tipis 0,83 persen ke level 6.578. Namun, pelaku pasar masih tercatat jual bersih (net sell) di pasar reguler sebesar Rp94,59 miliar.

Sejalan dengan IHSG, bursa saham Wall Street juga melanjutkan penguatannya tadi malam. Dow Jones naik 0,16 persen, S&P500 naik 0,26 persen, dan Nasdaq Composite naik 0,45 persen. (agi/agi)