Menteri Rini: Setiap Proyek Akan Diawasi Secara Ketat

Giras Pasopati, CNN Indonesia | Rabu, 21/02/2018 09:20 WIB
Menteri Rini: Setiap Proyek Akan Diawasi Secara Ketat Pemerintah akan menugaskan konsultan independen untuk mengevaluasi secara menyeluruh proyek-proyek yang sedang dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah akan menugaskan konsultan independen untuk mengevaluasi secara menyeluruh proyek-proyek yang sedang dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya atau yang berkecimpung di bisnis konstruksi.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno sebagai Wakil Pemegang Saham Pemerintah mengatakan konsultan independen berfungsi untuk memastikan agar seluruh proyek konstruksi dilaksanakan sesuai standar keamanan terbaik sekaligus menjaga agar setiap tahapan pengerjaan proyek dilaksanakan dengan baik, prudent, dan aman.

"Konsultan ini diharapkan dapat segera memberikan masukan berbentuk corrective action atas proyek-proyek tersebut untuk memastikan telah dipatuhinya regulasi dari Kementerian Teknis terkait, yaitu Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (21/2).


Menurutnya, ruang lingkup evaluasi yang akan dilakukan meliputi evaluasi organisasi dan prosedur QHSSE (Quality, Health, Safety, Security, and Environment) di setiap BUMN Karya dengan target menuju zero fatality.


Rini menegaskan, organisasi QHSSE harus menjadi tanggung jawab langsung Direktur Utama sehingga menjadi perhatian dan tanggung jawab seluruh Dewan Direksi.

"Setiap proyek akan diawasi dan monitor secara ketat terutama terkait dengan penerapan aspek keselamatan dan keamanan.  Evaluasi ini juga melengkapi organisasi dan personil yang bertanggung jawab memastikan prosedur safety dijalankan oleh semua lini manajemen dan operasional," terangnya.

Pelaksanaan evaluasi akan dilakukan melalui kerja sama dan koordinasi dengan Kementerian PUPR sebagai regulator teknis dan Kementerian Perhubungan sebagai pemilik proyek infrastruktur transportasi.

Konsultan independen, kata Rini, diharapkan dapat me-review kualitas dan keamanan proyek-proyek layang maupun membangun manajemen QHSSE menuju zero fatality. Sementara penunjukan konsultan independen akan dilakukan oleh Ketua Umum Asosiasi Kontraktor Indonesia Budi Harto.


Seperti diketahui, belum lama ini terjadi kecelakaan kerja di beberapa proyek infrastruktur elevated. Salah satu yang terbaru adalah ambruknya cetakan beton (pier head tiang pancang) Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur. Proyek tersebut berada dibawah tanggung jawab PT Waskita Karya Tbk.

Sebanyak tujuh orang pekerja dilaporkan mengalami luka-luka. Enam orang mengalami luka ringan dan dilarikan ke RS UKI Cawang, sedangkan seorang lain mengalami luka berat dan dibawa ke RS Polri Kramatjati.

Polisi masih memeriksa sejumlah saksi untuk menyelidiki penyebab pasti ambruknya tiang tersebut. (agi/gir)