Ma Huateng Geser Bos Alibaba jadi Orang Terkaya di China

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Rabu, 07/03/2018 11:23 WIB
Ma Huateng Geser Bos Alibaba jadi Orang Terkaya di China Ma Huateng, pemimpin Tencent Holding, mendarat di urutan ke-17 orang terkaya dunia versi Forbes dan nomor satu di China. (AFP PHOTO / Philippe Lopez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ma Huateng, pemimpin Tencent Holding, sukses mendarat di urutan ke-17 dalam daftar orang kaya dunia versi Forbes dan orang terkaya di China, negara asalnya. Kekayaan Ma mencapai US$48,5 miliar hingga 6 Maret 2018.

Kekayaan bos perusahaan teknologi dan internet asal China itu menggeser posisi Jack Ma, bos perusahaan e-commerce Alibaba. Jack meringkuk ke posisi 20 dalam daftar orang kaya dunia dengan harta US$39 miliar.

Mengutip CNN.com, Rabu (7/3), kekayaan Ma meningkat dua kali lipat dalam satu tahun yang berasal antara lain dari pengembangan saham Tencent. Bahkan, nilai pasar perusahaannya disebut-sebut lebih besar dari Facebook.



Tidak hanya itu, jaringan media sosial Tencent melalui aplikasi WeChat juga berkontribusi besar terhadap kekayaan Ma. Pengguna WeChat diprediksi melonjak lebih dari 100 persen pada tahun lalu.

Selain Ma dan Jack, nama miliarder China dalam daftar orang kaya dunia diisi oleh Hui Ka Yan, pengusaha real estate, di urutan ke-24. Kemudian, Wang Jianlin di urutan ke-26, dan Yang Huiyan dengan kekayaan US$21,9 miliar.

Sebetulnya, China telah melahirkan banyak taipan. Dalam satu tahun terakhir, orang kaya baru di China mencapai lebih dari 200 orang. China menjadi rumah baru 800 miliarder atau hampir 50 persen lebih banyak dari orang kaya di Amerika Serikat.


Rupert Hoogewerf, Ketua Peneliti Laporan Hurun mengatakan, industri teknologi berkontribusi secara signifikan terhadap ledakan kekayaan China. "Anda memiliki banyak anak muda yang memulai bisnis sangat dinamis. Dari sana lah energinya berasal," ujarnya.

Dalam daftar orang kaya dunia, Forbes menobatkan Jeff Bezos dari AS di urutan pertama. Diikuti oleh Bill Gates,bos Microsoft, dengan kekayaan US$90 miliar dan Warren Buffett dengan kekayaan US$84 miliar. (bir)


ARTIKEL TERKAIT