Sambut Asian Games, Sumsel Tambah 1.000 Kamar Hotel Baru

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Senin, 26/03/2018 11:14 WIB
Sambut Asian Games, Sumsel Tambah 1.000 Kamar Hotel Baru Perhimpunan Hotel di Sumatra Selatan akan menambah 1.000 kamar hotel baru demi mengantisipasi lonjakan tamu jelang Asian Games 2018. (Ilustrasi/ANTARA FOTO/Nova Wahyudi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatra Selatan berencana menambah 1.000 kamar hotel baru demi menyambut Asian Games di Kota Palembang pada Agustus 2018.

"Tambahan kamar hotel baru untuk melayani peserta dan tamu yang menghadiri pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu memungkinkan, karena sekarang ini ada tiga hotel baru dalam penyelesaian akhir dan beberapa lainnya hampir selesai pembangunan fisiknya," ujar Ketua PHRI Sumatra Selatan Herlan Aspiudin, mengutip Antara, Senin (26/3).

Salah satu hotel yang dalam penyelesaian akhir dan persiapan untuk diresmikan, yakni Hotel Santika di kawasan Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.
Jika hotel itu resmi beroperasi, paling tidak ada tambahan kamar hotel baru yang dapat digunakan untuk menampung sekitar 200 orang.



Bahkan, ruang pertemuan yang disediakan pun memiliki kapasitas untuk ribuan orang, yang didukung dengan lapangan parkir luas.

Herlan menjelaskan saat ini sudah ada 8.500 kamar dari 45 hotel, mulai dari bintang satu hingga bintang lima di Kota Palembang yang siap melayani peserta dan tamu Asian Games 2018.

Jumlah kamar yang disiapkan untuk menghadapi lonjakan permintaan pelayanan jasa hotel pada saat berlangsungnya pesta olahraga negara-negara kawasan Asia tersebut terus diupayakan bertambah.


Asian Games akan dimulai pada 18 Agustus 2018 nanti. Menurut Herlan, masih ada waktu beberapa bulan ke depan untuk menambah kamar dengan mendorong penyelesaian beberapa hotel baru dan pengembangan kamar hotel lama.

Program penambahan kamar dengan pola pengembangan kapasitas kamar hotel lama dan pembangunan hotel baru ini sudah dilakukan semaksimal mungkin sejak beberapa tahun terakhir.

"Melalui upaya tersebut diharapkan pada pelaksanaan ajang olahraga negara-negara kawasan Asia itu seluruh rombongan peserta dan tamu dapat dilayani dengan baik," pungkasnya. (Antara/bir)