Moeldoko Pastikan LRT Palembang Beroperasi Saat Asian Games

Dinda Audriene Muthmainah, CNN Indonesia | Jumat, 30/03/2018 17:30 WIB
Moeldoko Pastikan LRT Palembang Beroperasi Saat Asian Games LRT Palembang. (Foto: ANTARA FOTO/Feny Selly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Kepresidenan jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko mengatakan PT Industri Kereta Api (INKA) akan memulai pengiriman rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang pada 10 April 2018.

Pengiriman tersebut rencananya akan dilakukan secara bertahap hingga Mei 2018.

"Dua rangkaian kereta dengan enam gerbong sudah selesai dan saat ini dalam tahap uji coba sebelum dikirim ke Palembang," ujar Moeldoko dalam siaran pers, dikutip Jumat (30/3).


Menurut Moeldoko, pengiriman kereta LRT akan menggunakan kapal laut. Melihat kesiapan INKA, Moeldoko memastikan LRT Palembang siap beroperasi untuk perhelatan Asian Games pada Agustus 2018. 


"Setiap gerbong kereta LRT menampung 200 hingga 300 penumpang dilengkapi AC dan kamera CCTV," jelas Moeldoko.

Secara keseluruhan, total kereta LRT yang diproduksi oleh INKA ada delapan rangkaian kereta dengan 24 gerbong. Artinya, masih ada enam rangkaian kereta dan 18 gerbong yang belum selesai hingga saat ini.


Lebih lanjut ia menuturkan baru saja meninjau persiapan pengiriman kereta LRT ke Palembang oleh INKA di Madiun, Jawa Timur.


13 Proyek Kereta Bandara

Selain memproduksi kereta untuk LRT Palembang, Moeldoko menyebut INKA sedang mengerjakan 13 proyek kereta bandara, di antaranya 10 trainset untuk Bandara Soekarno Hatta, tiga trainset untuk Bandara Internasional Minangkabau dan Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko berharap INKA terus melakukan inovasi dalam pembuatan kereta masa depan. Hal itu merupakan modal agar industri kereta di dalam negeri bisa mengejar industri kereta secara global.

"Tanpa inovasi dan antisipasi maka industri kita akan tertinggal dari negara-negara lain," imbuh Moeldoko.


Salah satu inovasi yang perlu dilakukan INKA, yaitu kereta listrik modern yang menggunakan baterai agar tidak terus-menerus bergantung dengan bahan bakar yang tidak terbarukan.

Dia mencontohkan Arab Saudi dan Irak yang tidak lagi mengandalkan minyak karena cadangannya yang sudah mulai berkurang. (asa)