Logo Garuda Mejeng di 240 Ribu Kartu Debit/ATM BTN

Yuli Yanna Fauzie, CNN Indonesia | Senin, 09/04/2018 16:51 WIB
Logo Garuda Mejeng di 240 Ribu Kartu Debit/ATM BTN BTN mencatat sebanyak 240 ribu kartu atau 5 persen dari total kartu debit/ATM perseroan telah terpasang logo Garuda atau Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mencatat baru sebanyak 240 ribu keping kartu atau sekitar 5 persen dari total kartu debit/ATM perseroan yang telah terpasang logo Garuda.

Pemasangan logo ini merupakan arahan dari Bank Indonesia (BI) kepada perbankan seiring diluncurkannya sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) pada Desember 2017.

"Kartu debit/ATM BTN berlogo GPN sudah resmi diterbitkan pada tanggal 28 Maret 2018 kemarin, dengan tahap awal pelaksanaan pilot project (proyek uji coba) berupa distribusi ke beberapa cabang utama BTN," ujar Direktur BTN Budi Satria kepada CNNIndonesia.com, Senin (9/4).



Selain itu, perbankan pelat merah spesialis Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tersebut mengklaim juga telah memenuhi syarat lain dari BI terkait GPN, yaitu agar bank minimal terhubung dengan dua perusahaan switching sekaligus pada Juni mendatang.

"Saat ini BTN telah terkoneksi dengan empat lembaga switching di Indonesia, yaitu Jalin Nusantara, ATM Bersama, Alto, dan Prima," katanya.


Sementara untuk tahun ini, BTN menargetkan, jumlah kartu debit/ATM yang akan terpasang logo Garuda mencapai 400 ribu keping kartu. Baru setelah itu, pemasangan logo Garuda dirampungkan di semua kartu debit/ATM BTN yang aktif pada tahun berikutnya. (agi)