Konsumen Respons Penutupan Toko Buku Aksara

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Senin, 16/04/2018 10:27 WIB
Konsumen Respons Penutupan Toko Buku Aksara Konsumen merespons penutupan toko buku Aksara Indonesia. Sebagian menyesalkan penutupan toko buku yang telah hadir selama 17 tahun tersebut di Jakarta. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko).
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsumen Aksara Indonesia merespons penutupan toko buku. Melalui akun Instagramnya, Aksara Indonesia mengumumkan menutup dua toko bukunya di pusat perbelanjaan Cilandak Townsquare dan Pacific Place. Sementara, satu toko Aksara di Kemang ditutup sementara karena dalam renovasi.

"Di saat kami mengucapkan selamat tinggal pada toko kami di mal, babak baru menunggu. Lokasi kami yang asli di Kemang, sekarang sedang diubah menjadi pusat kegiatan perayaan seni, fotografi, sinema, kedai kopi dan tentunya buku," tulis akun IG Aksara Indonesia, Minggu (15/4).

Mendengar kabar tersebut, respons beragam datang dari konsumen Aksara Indonesia. Salah satunya gana_respati yang mengaku sedih. "Sediiihhh.. thanks @aksaraindonesia," terang salah satu pengikut akun IG Aksara Indonesia.



Akun laiinya, @oryzzay meminta Aksara untuk tidak menutup tokonya. Ia berpendapat bahwa Aksara menjadi satu-satunya toko buku standar di Jakarta. Toko buku lain yang membungkus buku-buku mereka dengan plastik tidak bisa disebut sebagai toko buku.

"Saya tidak akan tinggal di Indonesia dalam tiga tahun ke depan. Tetapi, saya ngeri membayangkan bahwa tidak ada lagi toko buku nyata ( seperti Aksara) ketika saya kembali nanti. Jadi, tolong, tetaplah berada di sana," tulisnya.

@putridessita mendoakan kesuksesan untuk Aksara Indonesia. "Kami akan menunggu babak baru perjalananmu," imbuhnya optimis.

[Gambas:Instagram]

Diketahui, Aksara Indonesia mulai menutup dua jaringannya di mal sejak 6 April (Cilandak Townsquare) dan 15 April (Pacific Place). Saat akan tutup lapak, Aksara menggelar diskon besar-besaran hingga 70 persen harga buku yang mereka jual.

"Penjualan ritel buku bukan lah yang mudah di Jakarta atau dimana pun di dunia. Tim kami menghadapi tantangan selama lebih dari 17 tahun. Terimakasih teman-teman sayang untuk mendukung perjalanan kami," tulis Aksara Indonesia.

Selain menutup dua jaringan tokonya, situs resmi Aksara juga sudah tidak bisa diakses lagi. Informasi pada halaman muka situs tersebut menyebutkan bahwa toko sudah tidak tersedia lagi. (bir)