Progres Pembangunan Bandara Kertajati Capai 96 Persen

Agustiyanti, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 12:55 WIB
Progres Pembangunan Bandara Kertajati Capai 96 Persen Bandara Kertajati diharapkan dapat mulai beroperasi untuk kebutuhan angkutan Lebaran dan keberangkatan calon jemaah haji asal Jawa Barat tahun ini. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo pada hari ini (17/4) dijadwalkan meninjau langsung progres pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati di Majalengka. Saat ini, progres pembangunan bandara diklaim telah mencapai 96 persen.

"Selasa siang rencananya Bapak Menhub (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi) akan mendampingi Bapak Presiden melihat langsung Bandara Kertajati. Untuk sisi udara sudah selesai 100 persen, sisi darat atau bangunannya telah mencapai 96 persen," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Baitul Ihwan dalam keterangan resmi, Senin (17/4).

Baitul menjelaskan, bandara ini diharapkan dalam mulai beroperasi pada angkutan Lebaran tahun ini. Nantinya, Bandara Kertajati diharapkan bisa melayani penerbangan ke sejumlah pulau di luar jawa, seperti Medan, Lampung, Pontianak, dan Palangkaraya. Namun, kota tujuan penerbangan tersebut masih akan melihat lagi minat dari masyarakat.



Selain untuk melayani angkutan Lebaran, menurut dia, bandara ini diharapkan dapat digunakan sebagai bandara keberangkatan calon jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat.

"Setelah angkutan lebaran bandara ini juga diharapkan bisa melayani sebagai embarkasi haji, khususnya masyarakat dari sekitar Majalengka," ujarnya.


Bandara Kertajati memiliki landas pacu berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan runway ini, bandara ini telah dapat didarati pesawat sejenis Boeing 777.

Selain itu, terdapat pula apron berukuran 576 x 151 meter persegi sehingga dapat menampung sebanyak 10 pesawat berbadan lebar. Pada sisi darat Bandara Kertajati dilengkapi terminal penumpang berukuran 92 ribu meter persegi. (agi/agi)