Jokowi: Izin Investasi, Jangan 'Asal Bapak Senang'

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 25/04/2018 12:38 WIB
Jokowi: Izin Investasi, Jangan 'Asal Bapak Senang' Presiden Joko Widodo meminta investor asing dan lokal untuk memberitahukan kesulitan perizinan investasi atau membuka usaha di Indonesia. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo meminta investor asing dan lokal untuk memberitahukan kesulitan perizinan investasi atau membuka usaha di seluruh daerah di Indonesia. Ia tidak mau sekadar mendengar laporan bagus.

"Jangan takut, laporkan. Jangan sampai laporan (yang sampai ke Presiden) ABS saja, asal bapak senang," tegas Jokowi, Rabu (25/4).

Hal itu disampaikan Jokowi di hadapan sejumlah investor sebelum meresmikan ekspor perdana Mitsubishi Xpander ke Filipina siang tadi di Pelabuhan Tanjung Priok.



Menurut dia, pemerintah telah berupaya melakukan penyederhanaan perizinan, mulai dari pemangkasan hingga pembentukan sistem online single submission yang nantinya terintegrasi dengan seluruh kementerian dan lembaga.

Perizinan, kata Jokowi, nantinya tak lagi selesai dalam hitungan hari, minggu, apalagi tahun. Semua proses perizinan harus selesai dalam hitungan jam.

Oleh sebab itu, ia kembali mengajak peran aktif investor mengenai proses perizinan yang diterima demi meningkatkan pelayanan pemerintah mendatang.


"Saya titip pesan, kalau ada kendala di lapangan, kalau masih ada main-main dengan perizinan saya diberi tahu. Bisik-bisik saja. Pasti saya hajar, perbaiki, dan benahi," ujar mantan Wali Kota Solo ini. (bir)