Ditambah Tunjangan Keluarga, THR PNS Berpotensi Kian Besar

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Senin, 30/04/2018 17:43 WIB
Ditambah Tunjangan Keluarga, THR PNS Berpotensi Kian Besar Menteri PAN RB Asman Abnur mengusulkan tambahan tunjangan keluarga pada komponen Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur mengaku telah mengusulkan tambahan tunjangan keluarga pada komponen Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Selama ini, komponen THR PNS hanya sebesar gaji pokok per bulan. Namun, Asman mengusulkan tambahan berbagai tunjangan, yaitu tunjangan kinerja dan tunjangan keluarga.

Sebelumnya, tunjangan keluarga diberikan kepada pekerja yang telah memiliki tanggungan istri dan/atau anak. Sesuai ketentuan, besaran tunjangan istri/suami adalah 10 persen dari gaji pokok. Sementara, tunjangan anak adalah dua persen dari gaji pokok per anak.


"Dulu (THR PNS) kan hanya gaji pokok. Saya lagi mengusulkan ada tunjangan di dalamnya tunjangan keluarga maupun tunjangan kinerja," ujar Asman usai menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya, Senin (30/4).


Asman belum bisa memastikan apakah usulannya akan diterima oleh Kemenkeu. Pasalnya, pemerintah harus memastikan ketersediaan anggaran. Namun, pihaknya berharap pembayaran THR PNS bisa dibayarkan dua minggu sebelum lebaran.

"Ikan sepat, ikan gabus, makin cepat, makin bagus," ujarnya.


Lebih lanjut, Asman juga mengusulkan bahwa pensiunan bakal mendapatkan THR sebesar uang pensiun satu bulan.

"Saya lagi mengusulkan. Mudah-mudahan anggaran tersedia," ungkapnya. (agi/agi)