Simpanan Tumbuh Melambat, LPS Tegaskan Tak Ada Rush di Bank

Yuli Yanna Fauzie, CNN Indonesia | Selasa, 01/05/2018 15:25 WIB
Simpanan Tumbuh Melambat, LPS Tegaskan Tak Ada Rush di Bank Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah memperkirakan tren penurunan bunga deposito perbankan masih akan berlanjut. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyebut simpanan perbankan berada dalam kondisi stabil. LPS juga menekankan tak ada potensi penarikan berlebih atau rush pada bank sepanjang Januari-Maret 2018

"Simpanan relatif dalam kondisi yang normal dan tidak ada penarikan dana yang berlebihan," ujar Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah di Kompleks Gedung BI, Senin (30/4).


Pada Maret 2018, Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan tercatat tumbuh melambat dari 8,44 persen pada Februari 2018 menjadi 7,66 persen pada Maret 2018. Halim menjelaskan tren penurunan bunga deposito hingga kini masih berlanjut, kendati penurunannya tak secepat tahun lalu saat Bank Indonesia baru menurunkan bunga acuannya.


Ia memperkirakan suku bunga deposito masih berpeluang turun, kendati tak menyebut berapa potensi dan hingga kapan penurunan bunga bakal berlanjut.

Berdasarkan data Bank Indonesia, penurunan masih terjadi pada rata-rata bunga deposito tenor 3, 6, dan 12 bulan. Rata-rata bunga deposito tenor 3 bulan turun dari 5,97 persen pada Februari menjadi 5,88 persen pada Maret. Bunga deposito tenor 6 bulan turun dari 6,4 persen menjadi 6,29 persen dan bunga deposito tenor 12 bulan turun dari 6,56 persen menjadi 6,49 persen. (agi/agi)