Jokowi Akhirnya Lantik Sembilan Anggota Komisioner KPPU

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 02/05/2018 15:26 WIB
Jokowi Akhirnya Lantik Sembilan Anggota Komisioner KPPU Presiden Joko Widodo siang ini resmi melantik sembilan anggota komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk masa bakti 2018-2023. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini resmi melantik sembilan anggota komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) masa bakti 2018-2023.

Kesembilan anggota komisioner tersebut, yakni Afif Hasbullah, Chandra Setiawan, Dinni Melanie, Guntur Syahputra Saragih, Harry Agustanto, Kodrat Wibowo, Kurnia Toha, Ukay Karyadi, dan Yudi Hidayat.

Mereka turut membaca sumpah jabatan di hadapan Presiden Joko Widodo.


"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap sembilan anggota baru KPPU.


Setelah itu, kesembilan anggota komisioner KPPU tersebut masing-masing menandatangani berita acara bersama Presiden Jokowi.

Bulan lalu (27/4), KPPU menerima Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 81/P Tahun 2018 tentang Pemberhentian dengan Hormat dan Pengangkatan Keangggotaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha.

Keppres itu memberhentikan sembilan anggota KPPU masa bakti 2012-2017 yang dua kali diperpanjang sebelumnya yakni 27 Desember 2017-27 Februari 2018 dan 27 Februari-27 April 2018.


Kegiatan KPPU bahkan sempat dibekukan karena Jokowi tidak mengirimkan surat perpanjangan izin beroperasi awal tahun ini.

Perpanjangan disebabkan DPR belum memulai uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon komisioner pilihan Pansel Komisioner KPPU.

Padahal, Presiden telah mengirimkan 18 nama hasil pilihan Pansel kepada DPR sejak 22 November. (agi/agi)