Tol Semarang-Batang Bisa Dilalui saat Mudik

Damar Sinuko, CNN Indonesia | Sabtu, 05/05/2018 12:37 WIB
Tol Semarang-Batang Bisa Dilalui saat Mudik Ruas jalan tol Semarang-Batang yang belum selesai sepenuhnya dipastikan bisa dilalui sebagai jalan fungsional untuk Mudik mendatang. (Antara/Harviyan Perdana Putra)
Semarang, CNN Indonesia -- Tol Semarang-Batang dipastikan bisa dilalui ketika mudik Lebaran mendatang. Ruas jalan ini digunakan sebagai jalan fungsional meski pengerjaan proyek belum selesai sepenuhnya.

"Saya dapat keluhan dari Bupati Batang yang khawatir dengan titik exit jalan tol ini di Batang. Jadi jangan sampai nanti tol Semarang-Batang difungsikan, malah muncul titik kemacetan baru", ungkap Ketua Komisi VI DPR RI Dito Ganinduto saat meninjau area di simpang susun Krapyak Semarang, Jumat (4/5).
Sementara, Direktur Utama PT.Jasa Marga Desi Aryani mengatakan pihaknya telah mengantisipasi kemacetan di tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer itu, termasuk dengan menyiapkan empat titik area peristirahatan.

"Soal exit di Batang, kami sudah buat di daerah Kandeman. Sedangkan mengantisipasi kemacetan di ruas Semarang-Batang, sudah kami buatkan empat titik rest area buat pemudik", kata Desi.
Desi menambahkan tol Semarang-Batang akan mulai dibuka sebagai jalan fungsional pada H-10 hingga H+10 lebaran.


"Untuk pekerjaan konstruksi sudah mencapai 78 persen, sedangkan pembebasan lahan sudah mencapai 98 persen", tambah Desi.

Proyek ruas Tol Semarang-Batang terdiri atas 5 seksi, yakni seksi Batang-Batang Timur, Batang Timur-Weleri, Weleri-Kendal, Kendal-Kaliwungu dan Kaliwungu-Krapyak. (stu)