Perluasan Ganjil Genap saat Asian Games Jadi Bahan Evaluasi

NDY, CNN Indonesia | Rabu, 09/05/2018 12:19 WIB
Perluasan Ganjil Genap saat Asian Games Jadi Bahan Evaluasi Uji coba peraturan ganjil genap kendaraan di ibukota. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana memperluas titik penerapan ganjil genap di dalam kota Jakarta selama perhelatan Asian Games 2018.

Menurut Bambang, rencana perluasan penerapan ganjil-genap tersebut hanya bersifat sementara selama kegiatan Asian Games berlangsung mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018. Namun, penerapan kebijakan tersebut akan dijadikan bahan penilaian atau evaluasi apakah penerapan ganjil genap di dalam kota optimal.

"Kami evaluasi setelah Asian Games, kalau hasilnya optimal akan kami berlakukan terus," ucap Bambang.



Jika hasil evaluasi menunjukkan kebijakan ganjil-genap dinilai tidak optimal, maka pihak BPTJ akan mengembalikan jalan tersebut seperti semula.

Sebelumnya, Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Budiyanto menyebutkan beberapa kawasan yang rencananya akan menerapkan sistem genap-ganjil menjelang Asian Games, yaitu di kawasan S Parman, Gatot Subroto, MT Haryono, DI Panjaitan hingga Hotel Pancoran.


Kawasan lain yang akan menerapkan aturan genap-ganjil yaitu Benyamin Sueb, Kemayoran, Jalan Rasuna Said dan Jalan Arteri Pondok Indah.

Selain itu, penerapan aturan ganjil-genap akan diperpanjang pemberlakukannya mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. (lav/lav)